Buku Tentang Cara Mudah Menulis Cerita

Judul Buku : Agar Menulis Mengarang Bisa Gampang
Pengarang Buku : Andrias Harefa
Penerbit Buku : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2002
Halaman : I-IX + 103 halaman
Peresensi: Rintan Setyo Minarti*

Sinopsis

Menulis atau mengarang suatu cerita maupun karangan bebas adalah hal sering kali dikaitkan dengan bakat yang dimiliki seseorang. Namun, pada kenyataannya bakat yang dimiliki seseorang dalam menulis tak serta merta membuat orang dengna mudah menuangkan ide yang ada di otak ke dalam sebuah tulisan.

Berulang kali pakar ahli menyatakan bahwa menulis adalah pelajaran dasar yang sudah kita peroleh semenjak dibangku sekolah dasar dan bahkan di taman anak-anak.

(Baca juga: Bedah Buku Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah)

Dengan kata lain, mengarang adalah keterampilan ketika sekolah dasar. Namun, sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, kata “bakat” selalu dijadikan sebagai kambing hitam yang selalu dipersalahkan.

Kanyataannya menulis bukanlah hal yang mudah. Namun tak dalam dibilang suatu hal yang sulit juga untuk dilakukan. Jika komitmen itu senantiasa dijaga, maka proses menulis dan mengarang menjadi lebih mudah.

Komitmen tersebut adalah janji pada diri sendiri bahwa saya akan menjadi seorang penulis yang hebat. Jadi, menulis itu enggak perlu mempunyai bakat. Sebab bakat tidak lebih dari minat dan ambisi yang terus menerus dikembangkan.

(Baca juga: Buku Tentang Cara Jago Bermain Rubik)

Kelebihan

Materi yang terkandung dalam buku ini memberikan semangat pada pembaca untuk dapat berkarya, yaitu dengan cara menulis dan mengarang. Buku ini juga mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar menulis dan mengarang. Selain itu dengan adanya buku ini, para penulis khususnya pemula dapat sangat terbantu dengan membaca buku ini.

Kekurangan

Dari sisi cover buku ini kurang menarik, seharusnya dapat lebih bagus dan menarik lagi.

Sumber gambar: tokopedia.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yagn aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post