Tokoh Islam Indonesia, Pendakwah, Dosen serta Penulis

Penulis: M. Ainul Fikri*

Siapa yang tak kenal dengan ustadz Abdul Shomad? salah satu tokoh Agama di Indonesia. Beliau merupakan seorang Ustadz yang telah menimba ilmu dengan matang di Timur Tengah. Ustadz Abdul Shomad kelahiran tanggal 18 Mei 1977 atau 30 Jumadil Awal 1397 H di sebuah kampung yang bernama Silo Lama, Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Beliau menempuh pendidikan Dasar di SD Al-Washiliyah Medan dan tamat pada tahun 1990. Selanjutnya beliau melanjutkan pendidikan ke MTs Muallimin Medan. Pendidikan tingkat SMA beliau bertempat di Riau di Madrasah Aliyah Nurul Falah. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA, beliau melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Al-Azhar Mesir dan selesai pada tahun 2002.

(Baca juga: Ulama intelektual dari indonesia)

Beliau mendapatkan gelar Lc dari universitas tersebut dalam waktu 3 tahun 10 bulan. Kemudian beliau mendapatkan beasiswa yang dibuka oleh kerajaan Maroko untuk melanjutkan S2 di Daar Al-hadits Al-Hassani Institute. Kesempatan itu sangatlah terbatas, institut tersebut hanya menerima 20 murid setiap tahunnya, 15 untuk orang Maroko, sedangkan sisanya untuk warga asing.

Setelah selesai wisuda, beliau menyempatkan diri untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah, Arab saudi. kebetulan sekali saat itu adalah musim haji yakni bulan dzulhijah, selesai berhaji ustadz Abdul Shomad terbang dari jeddah ke Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam menggunakan pesawat Royal Brunai.

(Baca juga: tere liye sosok penulis novel fenomenal indonesia)

Pria yang kerap menggunakan peci ini memiliki kajian-kajian yang tajam dan lugas. Banyak orang yang menyukai tausiahnya karena dikemas dengan menarik. Ceramahnya juga sangat mudah untuk dipahami oleh orang awam atau masyarakat. Selain menjadi pendakwah beliau juga punya beberapa pengabdian dan karyanya mari kita simak berikut ini.

Pengabdian
Dosen Bahasa Arab di pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Dosen Tafsir dan Hadits di kelas Internasioanal Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
Anggota MUI Provinsi Riau, komisi pengkajian dan keorganisasian periode 2009-2014.

Karya Ilmiah
Metode Takhrij Hadits, UIN Suska Press, 2010
99 Tanya Jawab Shalat, Tafaqquh Press, 2012
33 Tanya Jawab Ramadhan, Tafaqquh, 2012
30 Fatwa Seputar Qurban, Tafaqquh, 2012
37 Masalah Populer, Tafaqquh, 2014
66 Tanya Jawab Umrah, UAS Press, 2019
35 Kisah Saat Maut Menjemput, UAS Press, 2019

Dan lebih dari 20 judul buku berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia yang sudah beliau terjemahkan.

Sumber gambar: topsumbar.co.id

Penulis merupakan siswa kelas XI TKJ Axioo SMK Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post