Semangat Kemerdekaan, Asrama Dalem Barat Rayakan HUT RI 75 di Tengah Pandemi

Peringati Kemerdekaan Indonesia, Asrama Dalbar Gelar Lomba Midley Lagu Daerah

Pesantren Nuris- Republik Indonesia baru saja merayakan ulang tahun yang ke 75 pada Senin, 17 Agustus 2020 lalu. Biasanya seluruh lapisan masyarakat Indonesia akan mengadakan banyak acara demi memperingati kemerdekaan Indonesia, seperti upacara bendera, lomba-lomba 17-an, karnaval, lomba hias desa dan lain-lain. Namun pada tahun ini, nampaknya sangat berbeda karena bangsa Indonesia masih dalam masa pandemi covid-19.

(Baca juga: upacara HUT kemerdekaan RI ke-75 kala pandemi santri nuris terapkan protokol kesehatan ketat)

Meski sudah ditetapkan new normal, kegiatan seperti di atas nampaknya banyak yang tidak digelar. Begitupun di Pesantren Nuris Jember, upacara bendera yang biasa diikuti oleh seluruh warga Nuris kali ini hanya dilaksanakan oleh petugas upacara saja. Itupun dengan protocol kesehatan yang ketat. Sedang untuk santri lainnya mereka stay at boarding school, santri putri dalem barat, yakni lomba mashup atau midley lagu daerah.

Lomba ini diikuti oleh perwakilan masing-masing kamar. Lomba diadakan di Mushollah putri Dalbar, untuk Juknisnya peserta dibatasi maksimal 10 orang, dan diberi waktu tampil maksimal 5 menit saja, lagu yang dinyanyikan adalah lagu Indonesia Raya dan lagu daerah. Penilaian dilakukan oleh dua juri yang merupakan ustadzah pengajar di dalem barat yakni Ustadzah Vita dan Ustadzah Khofif. Penilaian meliputi kerapian dan kreativitas para peserta, baik kreativitas dalam menyanyikan lagu, maupun dari kostum yang mereka pakai.

(Baca juga:wow amazing! puluhan siswa sma nuris jember taklukkan sbmptn tahun 2020)

“Tujuan dari acara ini adalah, untuk meningkatkan kreativitas santri dan tentunya untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia,” ujar Meliatiya Arifviyana selaku ketua panitia.

Di akhir lomba, pengumuman juara langsung dilaksanakan. Dan inilah para juaranya. Juara 1 diraih oleh Wilayah An Nur 5-9, juara 2 diraih oleh Wilayah An Nur 1, juara 3 diraih oleh Wilayah Al Kautsar 1, juara Harapan 1 diraih oleh Wilayah Al Kautsar 2 dan juara Harapan 2  diraih oleh Wilayah Al Kautsar 3. Para peserta terlihat sangat antusias dan bahagia meskipun mereka tidak dapat merayakan kemerdekaan seperti biasanya.  [Red.Dev]

Foto Salah Satu Peserta Lomba
Related Post