Oki Setiana Dewi: Muda Bertalenta, Sosok Inspiratif Muslimah Indonesia

Penulis: Deli Annisa Virca*

Siapa yang tidak kenal dengan sosok wanita cantik, terkenal, jago nulis, dan sholelah ini. Muslimah cantik ini  mulai dikenal ketika ia sukses membintangi film yang berjudul “Ketika Cinta Bertasbih” yaitu sebuah film yang diadaptasi dari novel terlaris karya penulis terkenal Habiburrahman el shirazy. Siapa lagi jika bukan Oki Setiana Dewi, pemeran Ana dalam film KCB ini ternyata juga seorang penulis dengan karya-karya best seller, dan juga pembicara di berbagai pertemuan serta sebagai uztadzah di beberapa program televisi nasional. Yuk simak profilnya!

(Baca juga: belajar semangat menuntut ilmu dan berkarya dari maudy)

Wanita berhijab yang akrab dipanggil Oki ini, lahir di Batam pada tanggal 13 Januari 1989. Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara yang semuanya perempuan. Orang tua Oki bernama Sulyanto dan Yunifah Lismawati. Sejak tahun 2005, keluarga Oki hijrah dan menetap di Jawa tepatnya di Depok.

Sejak SD, bakat Oki sudah mulai nampak. wanita yang gemar membaca dan menulis ini melalui itu semua dengan tidak mudah dengan kata lain banyak kegagalan yang ia dapat sebelum sukses seperti sekarang ini.

Hal tersebut yang membuatnya termotivasi untuk terus mengasah kemampuannya. Memasuki sekolah menengah pertama, ia kemudian berusaha mengasah bakatnya melalui Sekolah Kepribadian Silhoutee, di sinilah kemudian kepercayaan dirinya tumbuh.

Berkat kerja keras dan kepercayaan dirinya, ia kemudian menjadi langganan juara di berbagai lomba peragaan busana. Selain itu, ia juga sering dipercaya menjadi pembaca acara atau MC diberbagai acara seperti pameran perumahan, festival musik serta acara ulang tahun.

(Baca juga: belajar dari sri izzati: penulis muda yang kaya karya)

Oki menyelesaikan sekolah menengah atasnya di SMAN 1 Depok. Ketika SMA, Oki memang orang cerdas, terbukti bahwa ia selalu langganan menjadi juara kelas. Oki juga sering mewakili sekolahnya dalam berbagai perlombaan akademis dan non akademis. Karena kecerdasannya, ia kemudian bisa diterima di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya di Universitas Indonesia pada tahun 2012.

Di sana ia kemudian menjadi mahasiswi teladan dan penghargaan sebagai mahasiswi baru terbaik PS MABIM FIB UI 2007 serta mahasiswi berprestasi di bidang seni FIB UI 2010 ia terima. Lulus dari Universitas Indonesia, Oki Setiana Dewi juga mengikuti program Tahfidzul Qur’an di Rumah Qur’an yang ada di depok dan kemudian ia belajar bahasa Arab di Mekkah di Universitas Umm Al Qura di tahun 2012.

Ia kemudian mulai dikenal masyarakat ketika ia sukses dalam film ‘Ketika Cinta Bertasbih’, Oki berperan sebagai Anna dalam film tersebut. Jauh sebelum ia bermain dalam film ‘Ketika Cinta Bertasbih’, Oki juga sempat bermain di beberapa FTV tetapi ia memilih berhenti karena produser tidak mengijinkan pemainnya menggunakan jilbab.

Selain memerankan beberapa film islami, ia juga dikenal sebagai penulis buku. Beberapa judul bukunya adalah Melukis Pelangi :Catatan Hati Oki Setiana Dewi, Sejuta Pelangi : Pernik Cinta Oki Setiana Dewi, Cahaya Di Atas cahaya Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi, Hijab I’m In Love, Dekapan Kematian, Ketika Guru SD Sakit.

Dalam bukunya yang berjudul Hijab I’m In Love, merupakan karyanya yang paling berbeda karena ia juga mengeluarkan album perdananya dengan judul yang sama. Dalam album Hijab Im in Love (2013) ini dinyanyikan bersama adiknya bernama Shindy.

Tak hanya itu, Oki juga kerap mengisi menghadiri beberapa seminar muslimah dan juga kepemudaan. Selain itu ia juga aktif dalam mengajar mengaji di TPA untuk anak-anak serta ibu-ibu. Oki memiliki komunitas sendiri yaitu Sahabat Oki Setiana Dewi atau SOSD yang telah memiliki anggota beribu orang baik itu di Indonesia dan juga di luar negeri.

Dalam komunitas tersebut, Oki menggalakkan kegiatan DMKM yaitu Dari Masjid ke Masjid dan juga program “Yuk Mengaji, Al Qur’an di Hati” dimana pelaksanaannya juga menyentuh lingkungan Lapas Wanita Tangerang. Kecerdasan dan prestasi Oki juga diakui ketika dirinya ditunjuk sebagai duta untuk Anak-anak Rumah Autis (2012) dan duta Internet Sehat dan Aman oleh kementrian Komunikasi dan Informatika 2010.

Pada tahun 2014 Oki Setiana Dewi menikah dengan Ory Vitrio. Mereka pun dikaruniai tiga anak yang lucu-lucu. Yakni Maryam Nusaibah Abdullah, Khadeejah Faatimah Abdullah dan Ibrahim Muhammad Abdullah. 

Keluarga kecil Oki Setiana Dewi

Sumber gambar: idntimesjabar.com

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post