Bedah Buku Ceros & Batozar Tere Liye

Judul                      :Ceros & Batozar
Penulis                   :Tere Liye
Tahun Terbit         :2018
Penerbit                 :Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman   :380
ISBN                     :9786020385921
Peresensi                :
Arnelita Dwi*

Ceros & Batozar adalah seri ke 5 dari novel Bumi, yang dikarang Tere Liye, terdapat dua bagian penting di sini, yang pertama Ceros dan yang kedua Batozar.

Ceros, bagian ini mengisahkan tentang Ali dengan segala kejeniusannya tak sengaja menemukan bangunan kuno dangan kekuatan bersklala luar biasa yang hanya bisa ditemukan di dunia paralel,tepat puluhan kilo meter dibawah tempat mereka sedang karyawista.Di sana Raib, Ali, dan Seli akan terjebak bersama mahluk bernama ceros(berkepala badak dan bertubuh manusia). Di sana kekuatan ketulusan persahabatan mereka akan diuji lagi.

(Baca juga: bedah buku habibie 3 sebuah buku tentang ilmuan indonesia)

Yang kedua Batozar.Batozar adalah buronan paling kejam yang dikenal di klan bulan,Batozar dikabarkan tengah melarikan diri dari penjara. Disaat yang tidak terduga Raib,Ali dan Seli bertemu dengan batozar sang buronon. Di bagian itu pula akan diungkap tentang kisah menyedihkan Batozar,yang hanya menginginkan ingatan tentang wajah mendiang istri dan putri tercintanya. Di bagian itu pula Raib akan berhasil mengaktifkan kekuatan barunya.

Kelebihannya buku ini memiliki banyak sekali nilai-nilai kehidupan terutama untuk generasi muda. Penulis menyajikan pelajaran berharga di sini dengan cara menarik,sehingga pembaca tak bosan membacanya.alur yang digunakan juga mudah dipahami apalagi dengan tokoh menarik dan juga persahabatan yang menginspirasi membuat buku ini memiliki banyak penggemar.

(Baca juga: buku tentang agama dan cinta)

Nilai-nilai yang terdapat di sinipun tak kalah berharga dari buku motivasi,bedanya penyampaiannya menggunakan alur cerita yang bisa membuat seseorang tertarik membacanya.Contohnya nilai moral kehidupan yang bisa membuat pembaca termotivasi untuk mendalaminya,atau nilai kemanusiaaan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang.

Tak hanya berisikan nilai nilai kehidupan,penulis juga pandai menyelipkan humor diantara cerita,sehingga membuat pembaca tak jenuh dalam mendalami cerita.Humor ringan ini jugalah yang menjadikan sebuah novel tak terlalu monoton,yang artinya humor dalam sebuah cerita juga dibutuhkan.

Yang tak kalah menarik adalah,penulis juga menambahkan kisah komedi-romansa yang menarik sebagian besar minat khalayak.Sehingga tak ayal kisah Ali-Raib menjadi salah satu bagian favorit pembaca.Bagian ini membuat pembaca terbawa suasana sekaligus tertawa dengan tingkah unik yang dilakukan oleh tokoh.

Namun yang tak kalah penting adalah inti dari kisah ini.Penulis menuangkan karya terbaiknya dalam hal persahabatan. Persahabatan inilah yang menjadi landasan dari semua kisah para tokoh.persahabatan ini jugalah yang membuat pembaca terharu dengan ketulusan dari masing masing karakter, walaupun kerap kali diwarnai pertengkaran tak membuat kekuatan terbesar dari persahabatan mereka melemah.bagian ini bagian terpenting dari kisah hidup mereka.

Walaupun buku ini sangat bagus,buku ini juga memiliki kekurangan.Salah satunya adalah penggunaan beberapa bahasa yang asing ditelinga kalangan masyarakat disertai  pengimajinasian tinggi dari sang penulis.maka, tak heran apabila ada beberapa pembaca yang sulit mengimajinasikan beberapa bagian dari buku ini sehingga kejadian yang dimaksud penulis tak sesuai dengan imajinasi pembaca.

Terlepas dari semua itu buku Ceros dan Batozar ini sangat layak untuk di baca.Buku ini dapat menggugah selera pembaca dengan kisah petualangan, persahabatan, ketulusan, kesetiaan serta pengorbanannya. Para pecinta fiksi akan ketagihan dengan buku ini,karena itu buku ini sangat cocok dibaca oleh pecinta fantasi.

Sumber gambar: sharulnizam.com

Penulis merupakan siswa kelas XI MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post