Ambil Jurusan Matematika, Alumni Nuris Ajarkan Matematika yang Menyenangkan

Siti Rahmawati: Matematika Itu Mudah dan Menyenangkan

Pesantren Nuris- Matematika merupakan salah satu pelajaran yang banyak dikeluhkan oleh sebagian besar siswa di Indonesia, meski tak sedikit pula diantara mereka yang menyukai pelajaran eksak yang satu ini. Nah alumni Nuris ini, memiliki niat mulia mengubah sudut pandang para siswa tentang matematika yang katanya sulit, menakutkan bahkan tak dapat dipahami. Wah.. yuk simak kisah selengkapnya!

Ia adalah Siti Rahmawati, wanita cantik yang akrab dipanggil Rahma ini merupakan alumni SMK Nuris Jember lulusan tahun 2010. Ketika menjadi siswa di SMK Nuris Jember ia mengambil jurusan teknologi informasi (TI). Semasa menjadi siswa ia pernah aktif di ekstrakurikuler teater keong mas Nuris.

(Baca juga: hobi olahraga alumni nuris lanjutkan karier di bidang olahraga)

Ia juga sempat menjabat sebagai pengurus kebersihan dan ketua kamar B5 Pesantren Putri Nuris Jember. Semenjak menjadi siswa ia sudah menyukai matematika, nilai matematikanya juga bagus, oleh karenya setelah lulus, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Jember.

“Alasan saya mengambil jurusan matematika karena saya ingin mengenalkan pada peserta didik (anak-anak) kalau matematika itu tidak seseram yang dibayangkan, tidak sulit, matematika itu menyenangkan,” ujarnya.

Ketika menjadi mahasiswa ia juga aktif di organisasi Forsis (forum study Islam), sedangkan untuk tugas akhir kuliahnya, ia mengambil judul “Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kesebangunan Dan Kekongruenan Menggunakan Geoboard Bagi Siswa Kelas IX Di MTs Miftahul Ulum Rambipuji,” dan berkat kerja kerasnya ia berhasil menyelesaikan kuliahnya pada tahun 2017 lalu.

(Baca juga: Jalankan amanah ayah alumni ini lanjutkan usaha keluarga)

“Dulu itu skripsi sudah selesai tahun 2015, tapi karena ada kendala dan wisuda di undur. Jadi Maret tahun 2017 baru bisa di wisuda,” ungkapnya.

Sebelum lulus kuliah, Rahma mengaku kuliah sambil mengajar di MTs Miftahul Ulum Rambipuji mulai tahun 2015 hingga 2019. Baginya menjadi guru adalah impiannya sejak kecil, menurutnya sosok guru adalah seseorang yang tak kenal lelah untuk membagikan ilmunya kepada para anak didiknya.

“Guru adalah Seorang pahlawan tanpa tanda jasa yang menancapkan panah ilmu pengetahuan ke dalam dada siswa menembus jiwa dan pikirannya. Walaupun pada dasarnya daya siswa berbeda dalam memposisikan diri agar panah meluncur tepat sasaran. Semua tergantung bagaimana siswa menyikapi dan menindak lanjuti pengetahuan yang ditransfer oleh gurunya. Saya bersyukur dan senang sekali bisa menjadi seorang guru,” tambahnya.

Dan pada 18 Juni 2018 lalu, ia dipersunting oleh lelaki pujaannya bernama Anton Cahyono. Anton dan Rahma merupakan sesama alumni SMK Nuris Jember.

“Saya tidak menyangka sebelumnya bisa berjodoh dengan sesama alumni Nuris. Gimana ya.. lucu aja, nggak nyangka, karena awalnya nggak suka (benci jadi suka). Tapi Alhamdulillah, karena sesama alumni kita bisa bernostalgia bareng, teman-teman kita juga sama, sebelum nikahpun kita tak usah khawatir tentang akhlaknya calon pasangan karena sudah tahu kalau sesama alumni pesantren,” ungkapnya

Dan saat ini ibu dari bayi cantik Inara Khanza Kamilatussholiha ini sedang disibukkan dengan kegiatan barunya menjadi seorang ibu, sembari membantu usaha suami yakni pembibitan ikan dan jual cacing sutra, selain itu ia juga membuka jasa les matematika. Semoga langgeng dan sukses selalu ya. [Red.Dev]

Biodata
Nama: Siti Rahmawati
Tempat, tanggal lahir: Jember, 30 September 1991
Alamat: Yosowilangun, Lumajang
Lembaga: SMK Nuris Jember 2010, TI
Kuliah: Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Jember
Karier: Mengajar di MTs Miftahul Ulum Rambipuji mulai tahun 2015 hingga 2019, Membuka Les Matematika 2020 sampai sekarang.

Rahma berfoto dengan keluarga kecilnya
Related Post