Lanjut Studi ke Amerika Serikat, Alumni Nuris Lulus Summa Cum Laude di Universitas Indonesia Jakarta

Lulus Studi Sarjana dengan Waktu 3,5 Tahun, sering Dijuluki Profesor Nuham selama Berada di Jakarta

Pesantren Nuris – Satu lagi alumni Nuris bikin “geger” seantero jagat “peralumnian” di Pesantren Nuris Jember kali ini. Pasalnya, dia mampu menyelesaikan studi sarjana di Universitas Indonesia (UI) Jakarta dengan predikat summa cum laude; indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,92; dan mendapat beasiswa kuliah ke Amerika Serikat. Amazing bukan? Yuk kepoin profilnya!

Siapa sangka, Nurul Hamzah, anak asal Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember mampu mengukir prestasi yang gemilang saat melalangbuana ke Ibu Kota Jakarta. Bahkan, sempat menjadi alumni Nuris pertama yang lolos jalur undangan atau SNMPTN di kampus bergengsi, UI, lulusan SMA Nuris Jember, tahun 2017 ini ambil jurusan ilmu administrasi niaga.

Karena studi sarjana tersebut adalah jurusan yang memang didambakannya, Hamzah, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, menjalani kuliah dengan nyaman dan penuh semangat. Lelaki kelahiran Jember, 05 Desember 1998 tersebut mampu menuntaskan perkuliahan sarjana dengan cepat, kurang dari empat tahun.

Usai merampungkan skripsi berjudul “Analisis Pengaruh Internet Search Intensity terhadap Return, Likuiditas, dan Volatilitas Saham di BEI Periode 2015—2020”, dia dinyatakan lulus sidang skripsi pada tanggal 08 Januari 2020 pekan lalu. dengan predikat summa cum laude atau dengan kehormatan yakni capaian IPK-nya 3,92, nyaris sempurna.

(baca juga: Mantab! Miliki IPK Cum Laude, Alumni Nuris ini Magang di Bank Indonesia)

Tak hanya sampai di situ cerita dahsyatnya, para dosen pembimbingnya menyarankan Hamzah untuk ambil beasiswa studi lanjut pascasarjana ke Amerika Serikat. Dia diharapkan menjadi tenaga dosen di UI usai menamatkan studi di negeri paman sam tersebut.

“Ya alhamdulillah saya bisa lulus dengan waktu yang cepat. Memang di tawari kuliah ke Pennsylvania of University USA lalu jadi dosen di UI, tetapi saya kurang minat. Saya ingin jadi pengusaha, investor seperti Erick Tohir, Sandiaga Uno yang juga lulusan pada jurusan yang sama dengan saya.” Tutur anak pertama H. Abdul Basit tersebut.

Untuk mewujudkan impian menjadi pengusaha top seperti dua sosok yang diidolakan tersebut, ia ingin melanjutkan studi profesi di CFA (Charthered Financial Analyst) Institute, Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat. Berbagai persiapan telah dilaluinya, konon untuk pemberangkatanya telah direncanakan tahun 2021 ini, mungkin usai pandemi ini mereda.

Termasuk skor TOEFL yang menjadi persyaratan perkuliahan pun telah disiapkannya, yang dimilikinya saat ini adalah 575, hampir sempurna, luar biasa bukan? Untuk memantapkan cita-citanya, lelaki berparas tinggi, berkulit putih ini sowan ke KH. Muhyiddin Abdusshomad untuk minta doa restu. Sebab, usai wisuda pada tanggal 02 Februari 2021 depan, dia langsung tancap gas menyiapkan diri untuk studi ke Amerika Serikat tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Nurul Hamzah

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2017

Kuliah                   : Universitas Indonesia (UI) Jakarta, jurusan administrasi niaga

Pesan dan kesan: “Program MSAINS di SMA Nuris Jember menumbuhkan semangat belajar dan mempersiapkan diri lebih dari pelajaran biasanya”

Nurul Hamzah bersama salah satu dosen penguji saat sidang skripsi virtual

 

Related Post