Novel Tentang Sejarah Islam yang Tersembunyi di Eropa

Judul               : 99 Cahaya Di Langit Eropa
Pengarang       : Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tahun              : 2013
Jumlah Halaman : 420
Peresensi : Deli Annisa Virca*

Sinopsis

Novel ini merupakan salah satu novel inspiratif, yang bercerita tentang sepasang suami istri, Hanum dan Rangga. Hanum seorang sitri mantan jurnalis yang ikut serta menemani suaminya (Rangga) menempuh pendidikan S2 di Wina Eropa. Ketika ditinggal kuliah, Hanun mengikuti les bahasa asing dan bertemu dengan Fatma, seorang muslimah yang akhirnya membuat mereka berteman dekat.

Dari sinilah semua berawal, ketika Fatma banyak bercerita tentang kejayaan islam di Eropa, dan mecneritakan jejak-jejak sejarah islam di sana. Yang mana pada abad pertengahan, Islam pernah berjaya selama hampir 10 abad disaat bangsa barat sedang terpuruk dalam masa kegelapan.

(Baca juga: sebuah buku yang mengajak kita untuk selalu tersenyum)

Rangga dan Hanum menceritakan bagaimana pengamatan mereka selama 3 tahun hidup di Eropa menelusuri jejak-jejak Islam di benua yang pada saat ini agama Islam menjadi minoritas dan semakin hilangnya peradaban Islam karena umat yang salah mengartikan “jihad” sebagai perjuangan pedang, bukan dengan melalui pengetahuan. Hanum dan Rangga (penulis) berusaha menggali fakta – fakta mengenai masa – masa kejayaan Islam yang sempat berjaya di Eropa seperti kota Wina di negara Austria, Paris di negara Prancis, Cordoba dan Granada di negara Spanyol, dan Istanbul di negara Turki yang menyimpan banyak saksi bisu bagaimana kejayaan Islam pada zaman dahulu.

Kelebihan

Banyak sekali kelebihan dari novel ini, yakni seperti pelajaran sejarah islam di Eropa yang diceritakan secara rinci melalui novel, membuat pembaca memahami sebagai sebuah cerita yang tidak menjemukan. Selain itu, bahasa yang digunakan oleh penulis juga mudah dipahami. Novel ini juga dapat dibaca oleh semua kalangan. Novel ini sangat bagus dan wajib di baca untuk menambah wawasan tentang sejarah islam.

(Baca juga: sebening syahadat sebening cintaNya)

Kekurangan

Tidak ada kekurangan yang menonjol, mungkin bagian sampul terlalu penuh dengan banyak tulisan. Sehingga membuat yang melihat kurang bagus.

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post