Satu-satunya Program Studi Akidah dan Filsafat Islam di Jawa Timur, Ayo Kuliah di Ma’had Aly Nurul Islam Jember

Ma’had Aly Nurul Islam Jember Angkatan Kedua sudah Buka Pendaftaran Mahasantri Baru Tahun Akademik 2021/2022

Pesantren Nuris – Ma’had Aly Nurul Islam Jember sudah buka pendaftaran mahasantri baru untuk tahun akademik 2021/2022. Bagi santri yang ingin mendalami akidah dan filsafat Islam, di kampus pimpinan Syaikhul Ma’had, KH. Muhyiddin Abdusshomad, adalah pilihan tepat.[28/1/2021]

Konon, Kampus Ma’had Aly Nurul Islam Jember merupakan satu-satunya lembaga ma’had aly yang memiliki program studi akidah dan filsafat Islam di Provinsi Jawa Timur dengan konsentrasi akidah Asy’ari.

Jadi, tunggu apalagi, bagi santri yang ingin mendalami akidah Asy’ariyah, kampus Ma’had Aly Nurul Islam Jember adalah solusinya. Sesuai visi kampus tersebut yakni, terbentuknya kaderisasi muslim ushuluddin yang berbasis ahlussunnah wal jamaah.

Ayo catat tanggal penting pendaftaran di Ma’had Aly Nurul Islam Jember. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 24 Januari sd. 20 Mei 2021. Terdapat dua gelombang ujian seleksi yakni, tanggal 21 Maret 2021 adalah ujian seleksi tahap pertama; dan tanggal 21 Mei 2021 adalah ujian seleksi tahap kedua.

(baca juga: Adab, Ilmu, dan Kesehatan)

Meski masih lembaga baru, Ma’had Aly Nurul Islam Jember turut memikat animo santri dalam belajar akidah berhaluan ahlussunnah wal jamaah tersebut. Buktinya, jumlah mahasantri angkatan pertama terdapat 22 mahasantri.

Cara mendaftarkan diri ke kampus Ma’had Aly Nurul Islam Jember juga cukup mudah dan tak perlu persyaratan yang ribet. Siapkan dokumen fotocopy ijazah diniyah dan fotocopy ijazah pendidikan formal terakhir, sertakan pula pas foto ukuran 4×6, calon mahasantri sudah bisa mendaftarkan diri.

(baca juga: Ibunda Nyai Hodaifa: Doktor yang Cinta Kebersihan)

Calon mahasantri juga harus memiliki surat keterangan kualifikasi dari SDM Pesantren dan mau menetap di Pesantren Nuris Jember. Hal ini karena, Ma’had Aly Nurul Islam Jember terdapat kelas halaqah malam, kuliah umum, dan program khusus pengembangan softskill dan hardskill dalam mengembangkan potensi mahasantri secara komprehensif.

Para mahasantri akan mendapatkan materi pokok akidah aswaja, wawasan akidah nonaswaja, dan kajian fikih. Selain itu juga, mahasantri Ma’had Aly Nurul Islam Jember akan mendapatkan pengetahuan karya ilmiah, metodologi penelitian, tasawuf, ilmu tafsir, ilmu hadis dan banyak lagi yang lainnya.[AF.Red]

informasi pendaftaran Ma’had Aly Nurul Islam Jember
Related Post