Kata Siapa Hijabers Tak Bisa Jadi Traveler? Buku Ini Jawabannya!

Judul      : The Jilbab Traveler
Penulis   : Asma Nadia, dkk
Tebal     : 347 halaman
Harga     : Rp. 58.000
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Edisi      : Januari 2015
ISBN     : 978-602-9055-13-9
Peresensi: Deli Annisa Virca*

Sinopsis

Banyak orang beranggapan bahwa  jilbab menjadi penghalang bagi muslimah untuk mengepakkan sayap kariernya. Apalagi di dunia traveling. Seperti jalan-jalan dan menapakkan kaki di bumi Allah yang sangat luas ini. Dan buku ini berhasil mematahkan anggapan tersebut. Kata siapa jilbab itu menjadi penghalang mimpi kita?

Asma Nadia, seorang penulis muslimah membuktikannya, dari gadis kecil yang tinggal di pinggir rel kereta api, yang bermimpi bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Dalam buku ini diceritakan, bahwasannya Asma Nadia kecil bermimpi untuk dapat jalan-jalan ke luar negeri. Mimpi itu bermula dari pintu kulkas almarhum omanya, terus pintu kulkas sanak saudara yang kaya, sampai pintu kulkas tetangga satu gang yang tinggal di sebuah rumah besar di huk yang di pintu kulkas mereka bertaburan magnet souvenir dari berbagai negara yang saking sukanya dia sering berlama-lama memandanginya. Dari mimpi masa kecilnya itu akhirnya dia bisa mewujudkan mimpinya itu. Menjadi penulis traveler yang telah menjelajahi 155 kota di 48 negara di Dunia. Luar biasa sekali bukan?

(Baca juga: novel tentang sejarah islam yang tersembunyi di eropa)

Buku ini juga mengajarkan kita untuk tidak takut bermimpi, karena dengan bermimpi setinggi langit, maka dengan usaha dan doa, Allah pasti akan mengabulkannya.

Asma Nadia juga menuturkan dalam buku ini bahwa wanita berjilbab, bukan tidak mungkin untuk menjadi seorang traveler. Buku ini akan membuat keliling dunia bagi hijaber bukan hanya sekedar imipian. Memang akan berbeda bagi hijaber yang akan traveling ke luar negeri. Bawaan pasti lebih banyak. Kesannya ribet ! Belum mencari makanan halal, bingung menemukan tempat sholat, masih dicurigai sebagai tkw, atau bahkan disangka teroris,lagi!

Tapi tentu tak perlu khawatir , karna buku ini  memberi tips lengkap mulai dari pilihan pakaian, mencari tiket, mengatur budget, booking penginapan, packing biar ramping, tips jika bersama anak-anak, sampai mengenali modus kriminalitas di berbagai kota di dunia. Masih di tambah peluang traveling gratis. Wah banyak sekali bukan manfaat yang bisa kita ambil dan pelajari.

(Baca juga: novel surat kecil untuk tuhan, inspirasi menyentuh hati)

Keunggulan Buku
Buku ini sangat menarik dan banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan, terutama bagi para hijabers yang tertarik untuk pergi traveling. Dalam buku ini juga tidak hanya bercerita tentang perjalanan seorang Asma Nadia dan beberapa traveler lain, tetapi juga terdapat beberapa tips perjalanan bagi para travel hijab.

Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga sangat ringan dan mudah di pahami, kita dapat ikut merasakan apa yang dialami oleh para penulis. Buku ini sangat menginspirasi dan membuat para hijabers tak takut lagi untuk menjelajah dunia.

Kelemahan Buku
Buku ini hampir sempurna, dari segi bahasa, pemilihan cover yang menarik juga cerita yang disuguhkan sangat menginspirasi para pembaca, namun ada beberapa kekurangan misalnya tidak dijelaskan bagaimana para traveler beribadah di negara yang minoritas muslim.

Penulis merupakan siswa kelas XII IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post