Mengenal Tokoh Feminis dalam Sastra Indonesia; Nurhayati Sri Hardin

Penulis: Juwita Indah*

Nurhayati Sri Hardin atau yang kerap dengan nama Nh. Dini lahir di Semarang, Jawa tengah pada tanggal 29 Februari 1936 dan wafat di Semarang, Jawa Tengah, 4 Desember 2018. Nh. Dini lahir dari pasangan  Saljowidjojo dan Kusaminah .

Ia merupakan anak bungsu dari kelima saudaranya. Nh. Dini menikah dengan diplomat asal Prancis, Yves Coffindan dan dikaruniai dua orang anak. Nh. Dini dikenal sebagai feminis. Nh. Dini  merupakan penulis papan atas indonesia. Nh. Dini suka menulis sejak ia duduk di bangku sekolah dasar kelas 3 . Bagi Nh. Dini menulis merupakan cara mengungkapkan pikiran dan perasaan. Bakat menulisnya semakin terasa pada saat Nh. Dini duduk di bangku sekolah atas. Nh. Dini menjadi penulis sajak dan cerita pendek untuk majalah dinding sekolahnya.

(Baca juga: mengenal lebih dekat aan mansyur)

Selain itu, Nh. Dini juga menulis sajak dan prosa berirama. Dia membacakan karyanya di RRI Semarang. Pada saat itu, Nh. Dini  masih berusia 15 tahun. Nh. Dini rajin mengirimkan karya karyanya kesiaran nasional RRI Semarang dan mengirim cerita pendeknya ke berbagai majalah. Nh. Dini  dikenal sebagai remaja yang sibuk. Selain aktif dalam menulis , dia juga aktif dalam kelompok sandiwara radio. Setelah lulus sekolah, Nh. Dini tidak langsung menjadi seorang penulis purna waktu. Ia bekerja sebagai pramugari di maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Namun, kesibukannya sebagai pramugari menghambat hasratnya untuk menulis. Nh. Dini  dikenal sangat produktif dan gigih dalam berkarya.

(Baca juga: maya nabila muslimah mahasiswa doktoral termuda di ITB)

Jika melihat sepak terjang kehidupan Nh Dini di masa muda, tentu penggemarnya bisa langsung menebak dari mana asal cerita novel Pada Sebuah Kapal yang membuatnya dikenal dalam dunia sastra Indonesia. Ya. Pilihan menulis tokoh wanita modern dalam novelnya ternyata dimulai dari dirinya sendiri yang menjalaninya di kehidupan nyata.

Mengenang hari kelahiran Nh. Dini, penulis wanita modern Indonesia.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post