Dua Siswa SMA Nuris Jember Borong Juara Cipta Cerpen Nasional Ajang MAPK Fair 2021

Angkat Topik Kearifan Lokal jadi Cerpen, Sukses Pukau Dewan Juri hingga Borong Juara Tingkat Nasional

Pesantren Nuris – Pertengahan bulan Maret 2021, dua siswa SMA Nuris Jember tambah koleksi piala tingkat nasional. Mereka adalah Tazyinatul Ilmiah dan Kayla Athaya Tifani, masing-masing siswa tersebut adalah kelas X IPA 3 sebagai juara 1 dan kelas X IPA 1 sebagai juara 3 cipta cerpen pada ajang MAPK Fair 2021 yang diselenggarakan oleh MANPK Solo.

Perlombaan yang terlaksana secara daring ini memiliki ketentuan bahwa para peserta lomba diberi waktu pengumpulan karya cerpen sejak tanggal 1 Februari sd. 28 Februari 2021. Tema cerpen lomba tersebut adalah “Wabah” yang kemudian para pemenang diumumkan oleh panitia melalui laman instagram @mapk_solo pada hari Minggu, 14 Maret 2021.

“Waktu dikabari oleh kak Ibnu selaku pembina ekskul penulisan kreatif sastra di Nuris sempat tidak percaya kalau saya dapat juara lomba cerpen. Setelah saya cek sendiri di IG panitia akhirnya saya yakin dan percaya. Alhamdulillah akhirnya bisa membanggakan SMA Nuris Jember di ajang ini.” tutur Kayla, gadis asal Banyuwangi tersebut.

“Setiap hari saya dan teman-teman memang dibimbing di ekskul. Setiap ada lomba menulis cerpen atau karya sastra lainnya kami terus berlatih mulai mencari ide, teknik menuangkan ide menjadi cerpen, hingga koreksi dari pembina. Dari sekian lomba, ini pertama kali saya dapat juara, memang benar usaha tidak akan mengkhianati hasil.” Imbuhnya.

(baca juga: Manfatkan Limbah Batang Tembakau jadi Sumber Energi Ramah Lingkungan, Tim LKTI SMA Nuris Jember Juara 1 Nasional di UNPAD)

Konon saat dikonfirmasi kepada panitia MAPK Fair 2021 bidang cerpen, total peserta lomba yang turut serta ada sekitar 38 siswa. Mereka berasal dari berbagai sekolah atau madrasah se-Indonesia semisal dari Aceh juga Bali.

Uniknya, karya cerpen yang ditulis oleh dua siswa SMA Nuris Jember ini terinspirasi dari keseharian mereka di rumah. Semisal karya Kayla yang menguak budaya Banyuwangi yang dikaitkan dengan tema “Wabah” sehingga cerpennya diberi judul “Obituari Tawang Alun dan Pandemi Sepanjang Masa”. Begitu pula dengan Tazyi yang meraih juara 1 dengan judul cerpen “Ajian Moksa Wabah”.

Selain Tazyinatul Ilmiah dan Kayla Athaya Tifani yang memborong dua piala dari tiga piala yang disediakan panitia, juara lainya diraih oleh Asfarina Fayyaza Atiya dari MA PPMI Assalaam sebagai juara 2. Mereka berhak atas piagam juara elektronik dan uang pembinaan yang masih terkonfirmasi dari panitia MAPK Fair 2021 tersebut.[AF.Red]

pamflet pengumuman juara cerpen nasional MAPK Fair 2021
Kayla Athaya Tifani sebagai juara 3 cerpen nasional
Related Post