Ekspresikan Kerinduan dan Cinta Kepada Orangtua Melalui Puisi

Judul Buku: Antologi Puisi “Coretan Tentang Ayah”
Penulis: M. Raihan Salim Dkk
Peresensi: Devita Wulan
ISBN:978-602-5803-11-6
Penerbit: (MIGRASI) Sulur Pustaka Grup
Halaman: 14 x 20 cm,  + 50 hlm.
Cetakan: Cetakan I, 2018
Kategori: Antologi Puisi MTs Unggulan Nuris

Sinopsis
Antalogi Puisi “Coretan Tentang Ayah” merupakan kumpulan puisi karya santri Pesantren Nuris Jember lembaga MTs Unggulan Nuris. Ada 38 judul puisi dalam antalogi ini, yang mengangkat tema “Kerinduan kepada kedua orangtua”. Ini merupakan antalogi puisi pertama lembaga MTs Unggulan Nuris yang diterbitkan oleh Tim Penjamin Mutu Pesantren Nuris Jember, yang bekerjasama dengan penerbit  (MIGRASI) Sulur Pustaka Grup Sleman Yogyakarta.

Antalogi puisi “Coretan Tentang Ayah” merupakan ungkapan hati para santri MTs Unggulan Nuris yang baru saja menjadi santri (santri baru), mereka mengungkapkan pengalaman mereka menjadi santri yang harus tinggal berjauhan dengan kedua orangtuanya.

(Baca juga: buku tentang perjuangan mencari sosok ibu)

Dalam sajak demi sajak yang tertulis, mereka mengungkapnya perasaan rindunya kepada kedua orangtua, ada yang kepada ibu, ada pula kepada ayah. Ada pula ungkapan rasa terimakasih mereka, dan rasa cinta mereka kepada keduanya.

Dalam kumpulan antalogi puisi ini, siswa-siswi MTs Unggulan Nuris dalam membuat suatu karya indah, sekaligus dapat mengekspresikan perasaan mereka dalam suatu tulisan puisi.

(Baca juga: antalogi cerpen lemari pengucap karya santri nuris)

Kelebihan
Bahasa yang digunakan dalam antalogi puisi ini sangat ringan dan mudah dimengerti oleh para pembaca, tema yang diangkat juga sesuai dengan usia para penulisnya, tentang ekspresi cinta dan kerinduan mereka kepada kedua orangtuanya.

Kekurangan
Cover kurang menarik, dan ada sedikit kesalahan dalam penulisannya.

Penulis merupakan guru Bahasa Indonesia MTs Unggulan Nuris

Related Post