Hari Perdamaian Internasional

Penulis: Andini putri*

Tepat pada tanggal 21 September diperingati sebagai  Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace.

Hari perdamaian Internasional biasanya diperingati untuk perdamaian dunia atau secara khusus untuk berakhirnya perang dan kekerasan. Pada tahun 2020, peringatan ini mengangkat Tema “Shaping Peace Together”, atau membentuk kedamaian bersama.

(Baca juga: hari anti bunuh diri internasional)

Peringatan ini digagas oleh PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa dengan tujuan memperkuat kedamaian dunia dan mengurangi peperangan yang berkelanjutan.

Hari Perdamaian Internasional ini pertama kali digelar pada 1982, sejak saat itu, sejumlah negara, kelompok politik, militer, dan banyak juga masyarakat yang turut mempertahankan peringatan ini.

Selain itu masyarakat juga mempunyai peran besar untuk menciptakan perdamaian dunia, mulai dari keluarga dan pertemanan. Dengan adanya Hari Perdamaian Internasional, diharapkan setiap orang dapat menebar kasih sayang dan banyak kebaikan, dan harapan dalam menghadapi pandemi yang terjadi saat ini.

(Baca juga: selamat hari konstitusi nasional republik indonesia)

Pandemi yang saat ini terjadi mengingatkan bahwa yang terjadi dapat berdampak pada orang dimanapun.

Sekertaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Perdamaian Internasional kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Seluruh umat manusia diharapkan dapat berkomiitmen pada perdamaian di atas semua perbedaan yang ada dan berkontribusi dalam membangun budaya perdamaian.

Sumber gambar: m.tribunnews.com

Penulis merupakan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post