Ungkap Profil Nyai Djuaesih Pelopor Muslimat NU Jawa Barat, Nuril Fatimah Syabhatini Juara Favorit di Aswaja NU Centre Jawa Timur

Aktif di Kegiatan Public Speaking, Langganan Juara Story Telling, Salah Satu Talenta Terbaik SMA Nuris Jember

Pesantren Nuris – SMA Nuris Jember kembali berbangga atas capaian prestasi siswanya. Kali ini, Nuril Fatimah Syabhatini berhasil meraih juara favorit lomba story telling ulama nusantara tingkat Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Aswaja NU Centre Jawa Timur pada tanggal 06 November 2021 kemarin.

Perlombaan yang berlangsung secara daring ini, panitia Aswaja NU Centre Jawa Timur mewajibkan para peserta membuat video story telling tentang ulama nusantara. Kemudian video tersebut diunggah pada akun media sosial setiap peserta dan dikumpulkan via dokumen tautan googledrive dengan tenggat waktu pengunggahan yakni, 30 Oktober 2021 lalu.

Dengan mengungkap profil Nyai Djuaesih, seorang ulama nusantara yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, siswa kelas XI IPS 2 SMA Nuris Jember tersebut tampil dengan sangat meyakinkan. Setelah memahami kisah sejarah perjuangan sosok pelopor muslimat NU Jawa Barat tersebut, kemudian Nuril mengonversinya menjadi sebuah cerita dalam berbahasa Inggris.

(baca juga: Lagi, Tim KTI SMA Nuris Jember Raih JUara 3 KIR Kesehatan Tingkat Jawa Bali)

“Ya perlu betul-betul mempelajari dan banyak membaca siapa sih sosok Nyai Djuaesih ini. Saya memilih sosok pelopor muslimat NU Jawa Barat untuk saya ungkap ini dengan berbagai pertimbangan di antaranya yakni, beliau terbilang inspiratif. Sebagai pelopor itu kan perjuangannya tak mudah, seorang perempuan yang gigih menegakkan agama dan perjuangan bangsa lagi.” tutur Nuril.

“Barangkali sosok ini tak begitu familiar di kalangan banyak orang, justru itu, saya ingin memaksimalkan ajang yang luar biasa oleh Aswaja NU Centre Jawa Timur ini dalam menambah wawasan sosok ulama perempuan yang perlu kita teladani. Selain untuk kebutuhan lomba, juga ingin memperluas pemahaman kita terhadap jasa ulama lebih dalam lagi.” imbuhnya.

Dengan capaian sebagai juara favorit, Nuril Fatimah Syabhatini, merasa bangga bisa mengharumkan almamater SMA Nuris Jember bersama para juara lainnya se-Jawa Timur. Baginya, capaian ini bukan sekadar kebanggaan pribadi, melainkan sebagai motivasi untuk meningkatkan kompetensi dalam bercerita melalui bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan juga berdakwah.[Red. Taz]    

Penulis merupakan siswa kelas XI SMA Nuris Jember

Related Post