Terinspirasi Sang Guru, Alumni Ini Kuliah Bahasa Arab di UIN Maliki Malang

Tinggal di Ma’had UIN, Alumni ini Juga Aktif di Kegiatan Haiah Tahfidzul Qur’an

Pesantren Nuris- Kuliah di luar kota tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2021 ini. Lelaki yang sempat aktif di OSIS ini juga mengaku tertarik mengambil jurusan Bahasa Arab karena terinspirasi dari ustadnya di Pesantren Nuris Jember lho! Ini dia kisah lengkapnya, simak ya!

Jhonatan Megha Andriawan, lelaki yang akrab dipanggil Natan ini dikenal dengan siswa yang aktif semasa nyantri dan sekolah di SMA Nuris Jember, tak hanya aktif di sekolah ia juga aktif membantu menjadi pengurus di asrama siswa SMP Nuris Jember.

(Baca juga: berprestasi di bidang sastra sejak ma, alumni ini calon psikolog)

Saat ini Natan sudah resmi menjadi mahasiswa di jurusan Pendidikan Bahasa Arab(PBA), Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

“Alasan saya mengambil jurusan ini karena muncul ketertarikan saya untuk mahir membaca kitab, karena saya melihat ustad saya ketika membaca dan menjelaskan suatu kalimat atau makna, yang ada di kitab itu membuat saya tertarik pada kitab. Dari segi pembacaannya yang enak didengar, dan juga segi penjelasannya yang membuat orang semakin penasaran pada sesuatu yang dijelaskan. Walaupun saya masih tidak mahir dalam membaca kitab, tapi dari hal ini saya ingin menjadi seperti beliau,” ungkapnya.

Natan juga bercerita pengalamannya menjadi mahasiswa, yang baginya sangat berbeda ketika ia masih memakai seragam putih abu-abu.

“Menurut saya perbedaan antara siswa dan mahasiswa itu terletak pada pola pikirnya, yang dimana mahasiswa harus berpikir lebih krtitis dan terbuka. Harus dapat memandang opini seseorang dari berbagai arah. Dan keputusan yang dipilih harus dapat di pertanggung jawabkan. Dan sebagai mahasiswa kita harus lebih berani mengutarakan pendapat kita di khalayak umum. Sedangkan siswa lebih cenderung taat dan patuh terhadap apa yang diperintahkan guru,” ungkapnya.

(Baca juga: kisahkan sidang skripsi di tengah kehamilan, alumni ini penuh syukur)

Saat ini Natan tinggal di ma’had UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, meski kuliahnya online ia lebih nyaman kuliah sembari berkegiatan di sana.

“Sekarang  saya masih melaksanakan kuliah online, dikarenakan adanya pandemi ini. Akan tetapi saya masih tinggal di ma’had UIN, dan berkegiatan seperti biasa, secara offline,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lelaki yang hobi membaca ini juga mengaku aktif di kegiatan di luar kampusnya, yakni organisasi HTQ. “Saya mengikuti organisasi HTQ (Haiah Tahfidzul Qur’an). Yaitu organisasi yang memfasilitasi dan membantu mahasiswa yang ingin menghafalkan Alquran,”

“Harapan saya ke depannya, saya ingin menjadi orang yang bisa berbagi ilmu kepada orang lain. Karena sebaik baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain dan saya juga ingin belajar bersama orang orang yang alim, amin,” ungkapnya mengakhiri. [Red.Alf]

Nama: Jhonatan Megha Andriawan
Alamat: Glenmore, Banyuwangi
Tempat, tanggal lahir: Banyuwangi, 11 Juni 2002
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2021
Kuliah: S1 jurusan Pendidikan Bahasa Arab(PBA), Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penulis merupakan siswa kelas XII SMA Nuris Jember

Related Post