Ikuti Orangtua ke Tanah Rantau, Alumni Ini Berhasil Lolos SBMPTN di Universitas Mulawarman Kalimantan

Lanjutkan Pendidikan di Kalimantan, Alumni Ini Ambil Jurusan Kehutanan

Pesantren Nuris- Hijrah ke Kalimantan membuat alumni MA Unggulan Nuris ini, memantapkan niatnya untuk melanjutkan pendidikannya di tanah rantau, ia adalah Fadilah Miftahul Jannah.

Fadilah Miftahul Jannah, yang biasa akrab dipanggil Dila ini merupakan alumni MTs Unggulan Nuris, 2019 dan MA Unggulan Nuris, lulusan tahun 2021. Ketika duduk di bangku MA Unggulan Nuris Dila aktif di ekstrakurikuler Penulisan Kreatif sastra.

(Baca juga: berkat restu orangtua, alumni ini jadi mahasiswa managemen)

Setelah lulus dari MA Unggulan Nuris ia dan keluarganya harus pindah domisili di Kalimantan. Akhirnya gadis kelahiran Jember, 28 Juni 2002 ini lantas mendaftar di salahsatu universitas ternama di sana, melalui jalur SBMPTN. Ia pun lolos dan masuk di jurusan S1 Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman Kalimantan.

Saat ini ia tinggal di Samboja Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur dan memulai kiprahnya menjadi mahasiswa.

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa lolos SBMPTN, dan alasan saya mengambil jurusan ini karena saya ingin mengetahui tentang hutan, dan apa manfaat hutan dan berhubung saya pindah domisili di Kalimantan dengan bentangan hutan yang luas jadi saya memilih jurusan kehutanan,” ungkapnya.

Ia mengaku menjadi mahasiswa membuatnya semakin semangat dalam belajar, dan jadi mandiri. “Tentu menjadi mahasiswa ada senang dan tidaknya, namun saya merasa lebih bersemangat untuk belajar dan semakin yakin dengan tujuan saya, atau dapat diartikan dengan menjadi mahasiswa saya lebih percaya diri, berani, dan bertambah yakin dengan apa yang saya inginkan,” ujarnya.

Dila juga mengungkapkan saat ini ia masih harus melaksanakan kuliah online.

(Baca juga: usai khatamkan hafalan 30 juz al-quran, alumni ini hijrah ke papua)

“Melaksanakan kuliah online ada plus dan minusnya. Senang karena tidak terlalu lelah harus ke kampus, tidak senangnya karena kurang efektif dan pembelajaran secara daring ini lumayan sulit untuk pemahaman materi, karena terkadang ada beberapa kendala yang menghambat pemahaman saya, seperti terjadi lemahnya jaringan, kebisingan jika ada yang lupa mute micnya, dan membosankan menatap layar dengan waktu yang lama,” terangnya.

Selain aktif menjalani perkuliahan, Dila juga aktif di organisasi LDM (Lembaga Dakwah Mulawarman), dan Sylva Mulawarman.

Ia berharap kedepannya bisa menjadi orang yang bermanfaat, juga ingin bisa lanjut S2 di luar negeri, serta jadi hafidzah. “Harapannya semoga bisa menjadi orang yang beruntung dan bermanfaat ilmu ilmunya, dan saya ingin melanjutkan S2 saya di Seoul Nasional University dengan jurusan forest environmental science major. Bisa membangun usaha sendiri Ingin menjadi hafidzah Ingin menjadi pribadi yang lebih baik, amin ya rabbal alamin,” harapnya.  

Dila juga mengungkapkan kesannya selama nyantri di Pesantren Nuris Jember.

“Saya merasa sangat senang bisa mondok di Nuris, meskipun dulu gak kerasan di awal, tapi dengan keadaan saya sekarang yang tidak mondok saya merasa lebih enak belajar di pondok. Semoga kedepannya, Nuris menjadi pondok pesantren yang semakin maju dan bisa menjadi ladang ilmu bagi santri, amin” ujarnya. [Red.Dev]

Nama: Fadilah Miftahul Jannah
Tempat, tanggal lahir: Jember, 28 Juni 2002
Alamat: Samboja Kutai Kertanegara, Kaltim
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2019 dan MA Unggulan Nuris 2021
Kuliah: S1 Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan.

Related Post