Lika-Liku Alumni Nuris Raih Gelar Sarjana dengan Membanggakan di UIN Khas Jember

Meski Sempat Terhambat, Tak Kenal Lelah Tuntaskan Tugas Akhir dan Mampu Lulus dengan Nilai Membanggakan

Pesantren Nuris – Nyatanya meraih gelar sarjana tak selalu berjalan mulus, apalagi diraih dengan berbagai hambatan yang privatif. Tetapi yang perlu diketahui, usaha pantang menyerah dan membalikkan keadaan yang tak nyaman menjadi motivasi tersendiri dalam mencapai cita-cita menjadi sarjana adalah hal yang terpenting, seperti yang dilakukan alumni Nuris ini.

Perempuan ini bernama Fery Qori Aini. Ia lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan Program Keagamaan (PK), pada tahun 2016 silam. Setelah tamat dari lembaga yang dipimpin oleh NIng Balqis Al Humairo tersebut, ia melanjutkan pendidikan sarjana di Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq (UIN Khas) Jember pada jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

“Menyenangkan saja jadi guru MI, itu yang menggerakkan keinginan saya ikut jalur prestasi SPAN-PTKIN jurusan PGMI kala itu. Dan Alhamdulillah bisa lolos. Saat menjalani kuliah sebenarnya tak ada kendala, tetapi ada hal yang privatif yang harus saya jalani sehingga semua harus berbeda.” Tutur Fery, sapaan akrab alumni Nuris ini.

(baca juga: Keren, Alumni MA Unggulan Nuris Lolos Seleksi Kampus Kedinasan Politeknik Statistika STIS)

“Pada semester 6 saya memilih menikah dengan sosok yang sebelumnya tak pernah bertemu meski sempat tahu ketika di MTs dulu. Inilah pembeda yang saya alami, bukan mengeluh dengan keadaan justru ini pembelajaran yang banyak hikmahnya. Saya pun molor lulusnya sampai di semester 13, itu pun juga dengan kesibukan satu anak pula.” Imbuhnya.

Meski dengan keadaan kompleks sebagai keluarga muda dan harus hidup mandiri, perempuan kelahiran Jember, 16 Desember 1997 tersebut tak patah arang. Bahkan mood sebagai ibu muda yang kadang naik turun juga memengaruhi motivasi mengerjakan tugas akhir sebagai persyaratan untuk meraih gelar sarjana.

Hingga akhirnya skripsi berjudul “Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Jigsaw pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 02 Kecamatan Panti Kabupaten Jember”, ia tuntaskan dan disidangkan pada 31 Desember 2021 lalu. Berkat semangat dan kerja kerasnya, Fery diganjar IPK 3,74.[AF.Red]

Nama                    : Fery Qori Aini
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2016
Kuliah                   : UIN Khas Jember, jurusan PGMI

Related Post