Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara 3 Esai Tingkat Nasional, Semangat Santri Berinovasi Bangun Negeri

Didukung Sarana dan Prasana dalam Pengembangan Sains dan Teknologi, Kembangkan Ide melalui Gagasan Ilmiah

Pesantren Nuris – Dua siswa SMA Nuris Jember ini memang luar biasa. Berkat gagasan ilmiah yang inovatif, mereka mampu meraih prestasi sebagai juara 3 esai tingkat nasional dalam ajang BIOKIMA II 2022 yang diselenggarakan oleh Himapbio, Universitas Islam Jember (UIJ) pada 03 September 2022 dan diumumkan pada 05 September 2022.

Dua siswa cerdas tersebut yakni, Muchammad Nidhor Fairuza (kelas XII MIPA 1) dan Alyaa Nur Karimah (kelas XII MIPA 1). Mereka menulis esai berjudul “Kontribusi Kaum Milenial dalam Pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS) dengan Konsep Triple Helix Guna Mewujudkan SDGs 2030”

“Kami melakukan inovasi terkait pemanfaatan karbon dalam mewujudkan bangsa yang berdaya guna dan sejahtera sesuai tujuan SDGs 2030. Ide ini muncul berkat bimbingan guru kami di sekolah dan ekstrakurikuler sains terkait isu terkini. Akhirnya kami teliti lalu dibuat karya esai.” Tutur Alyaa.

(baca juga: Juara 1 Esai Bidang Inovasi Pertanian, Pelajar SMA Nuris Jember Gaungkan Swasembada Pangan)

“Kami berharap bangsa ini betul-betul menghargai inovasi generasi bangsanya. Sebenarnya secara SDM bangsa kita sangat inovatif dan kreatif di berbagai bidang, tinggal bagaimana negara ini mengelolanya. Kita bisa menjadi negara maju tanpa ketergantungan dengan bangsa lain hanya saja pemanfaatan penelitian ini belum maksimal.” Imbuhnya.

Gagasan cemerlang dua siswa SMA Nuris Jember ini didukung dengan sarana prasaran dan pendampingan pembina berpengalaman sehingga menghasilkan karya esai yang inovatif. Mereka tidak hanya mengkaji secara kepustakaan, tetapi juga berupaya melakukan penelitian sederhana dan membuat prototipe produk penelitiannya.

Najibollah Asy’ari, selaku koordinator MSains bidang inovasi teknologi pesantren menyatakan, “Alhamdulillah karya siswa kami diparesiasi sebagai juara 3. Kami terus mendukung karya positif mereka dengan memberikan ruang baca dan penelitian yang cukup baik. Semoga saja mereka terus berkembang dengan ide inovasi dan kemampuan literasi yang bagus ke depannya.”[AF.Red]

Related Post