Berprestasi sedari Nyantri, Sukses Sandang Gelar Sarjana Sains dan Berkarier di Perusahaan Farmasi

Punya Bisnis Minuman Ringan, Ingin Buka Pabrik Mini yang Bisa Berjalan Autopilot

Pesantren Nuris – Selamat dan sukses untuk alumnus MA Unggulan Nuris yang satu ini sebab usai menuntaskan studi sarjana di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Berbagai lika-liku perkuliahan telah ia lewati dan kini resmi menyandang gelas sarjana sains bidang kimia.

Moh, Fahmi Iskandar, lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2016 silam tersebut menuntaskan sidang skripsi berjudul Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Menggunakan Ekstrak Kulit Pepaya Muda di hadapan para dosen penguji di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang pada Agustus 2022 lalu.

Ia pun resmi menyandang sarjana dengan predikat sangat memuaskan usai diwisuda pada November 2022 kemarin dengan IPK 3,12. “Bersyukur sudah melewati fase perkuliahan. Sejak saya memilih jurusan Kimia, saya bertekad ingin mendalaminya dan mampu memanfaatkan apa yang saya dapatkan dalam kuliah untuk berkarier atau juga bisnis yang prospektif.” Tuturnya.

Benar saja, pemuda kelahiran Jember, 07 November 1997 yang pernah menjuarai olimpiade kimia tingkat nasional tersebut sempat membangun bisnis mandiri bernama UMKM HMS berupa produk minuman ringan milenial seperti susu jelly. Konon sudah tersebar di Kabupaten Jember menjadi 8 outlet hingga kini.

(baca juga: Keren, Alumni MA Unggulan Nuris Lolos Seleksi Kampus Kedinasan Politkenik Statistika STIS)

“Selama kuliah saya pernah membuat parfum ekstrak bunga mawar, inovasi ini berupa program kerja warisan saat aktif di Himpunan Mahasiswa Kimia di kampus. Karena saya berada di divisi pengembangan akademik bagian penelitian dan pengembangan, saya juga pernah melakukan penelitian bakteri ideonella yang dapat menguraikan sampah plastik.” Tukas lelaki asal Jember ini.

Belajar kimia bagi Fahmi, sapaan akrabnya, sangat seru dan mudah ditemukan contohnya dalam keseharian. Dari berbagai pengalaman dan pengetahuan yang didapatkannya ini, terbesit keinginan membangun usaha parfum ekstrak bunga-bungaan dan bangun pabrik mini yang dapat berjalan autopilot.

“Ya cita-cita saya memang ingin jadi pengusaha. Sekarang saya berkarier dulu di perusahaan farmasi yang berpusat di Pasuruan sebagai analis IPC. Saya tak hanya ingin bekerja saja, tetapi ingin menimba ilmu bagaimana mengatur perusahaan dan produknya. Semoga saja ke depan saya juga bisa bangun pabrik dengan produk parfum dan lain-lainnya.”

Selain menjalani perkuliahan, Fahmi juga aktif di kegiatan organisasi seperti wakil ketua Himmaris (Himpunan Mahasiswa Alumni Nuris), anggota organisasi PMII Rayon Galileo senyampang menjalankan usaha UMKM produk minuman ringan milenial tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Moh. Fahmi Iskandar
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2016
Kuliah                   : UIN Maliki Malang, Jurusan Kimia
Karier                    : Perusahaan Farmasi Pasuruan, sebagai Analis IPC    

Related Post