Nikmat Berkhidmah di Pesantren seraya Kuliah Manajemen Agribisnis di Polije

Lolos Jalur Prestasi di Polije, Punya Jiwa Leadership dan Entrepreneurship

Pesantren Nuris – Menjadi santri serasa tak lengkap jika tak diiringi dengan berkhidmah meski menjalani aktivitas perkuliahan yang terbilang padat. Seperti alumnus MA Unggulan Nuris yang satu ini, bertekad bulat berkhidmah sebagai pengurus di Pesantren Nuris Jember seraya kuliah Program Studi Manajemen Agribisnis di kampus negeri bergengsi, Politeknik Negeri Jember.

Ihya Farabi Safa, atau dikenal dengan panggilan Ihya ini, setamat dari MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2022 melanjutkan studi sarjana di Politeknik Negeri Jember atau dikenal dengan Polije. Ia dinyatakan jadi mahasiswa kampus negeri vokasi tersebut seusai dinyatakan lolos jalur prestasi SNPM (Seleksi Nasional Politeknik Negeri) 2022 lalu.

Meski sebagai status mahasiswa sudah disandangnya, pemuda kelahiran Surabaya, 11 Juni 2004 tersebut memilih menetap di pesantren untuk mengabdikan diri. “Bagi saya mengabdi itu bagian dari belajar yang mungkin lebih dari sekadar kuliah. Dengan mengabdi saya banyak belajar terkait tugas dan amanah.” Tukasnya.

(baca juga: Juara 2 MTQ, Alumni Nuris ini Berjaya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Semasa nyantri pernah aktif sebagai anggota Pramuka Nuris Jember, Paskibra, PMR Wira Nuris, dan Pengurus Madrasah Talent (MTalent), membuat lelaki asal Tabanan, Bali ini diberi tugas yang cukup strategis di Pesantren Nuris Jember yakni, sebagai ketua kamar, tim divisi kesehatan pesantren, dan staf tata usaha madrasah diniyah ula dan tsaniyah.

“Menjalani khidmah dan kuliah memang cukup berat apalagi masih mahasiswa baru kan memang padat-padatnya. Justru saya banyak belajar skala prioritas dan manajemen waktu. Alhamdulillah semua tetap berjalan lancar. Semoga kuliah saya berjalan lancar dan kedepannya lagi berencana mau berbisnis biar bisa jadi bos.” Kelakarnya sambil tertawa kecil.

Saat ini Ihya berusaha membangun relasi bersama teman-teman di kampus dan memaksimalkan dunia perkuliahan untuk meraup ilmu yang banyak dari dosen. Ia terus berupaya menjalani amanah yang kini berada di pundaknya dengan maksimal.[AF.Red]

Nama                    : Ihya Farabi Safa
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2022
Kuliah                   : Polije, Prodi Manajemen Agribisnis

Related Post