Ketakwaan Membuka Pintu Rezeki

لَوِ اتَّقَى أَهْلُ الْقُرَى وَءَآمَـــــنُوا            أَخْصَبَهُمْ رَبُّ الْـــــعُلاَ وَأَمِنُوْا

Jika penduduk beriman dan bertakwa
kehidupan akan makmur dan sentosa

Syarah:
Allah Swt Maha Benar dalam firmanNya. Siapa yang melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya, akan Dia cukupkan segala-galanya. Ini sudah dijanjikan olehNya dan Allah Swt. tidak akan mengingkari janjiNya:

…وَمنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ؛ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ، إِنَّ اللهَ بَاِلغُ أَمْرِهِ، قَدْ جَعَلَ اللهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (سورة الطلاق: 2-3)

…barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah Telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu (Qs. Ath-Thalâq: 2-3)

(baca juga: Hujjah Aswaja: Perjamuan Makanan dalam Acara Tahlilan)

Pada ayat yang lain, Allah Swt menceritakan tercabutnya berkah rizki dari penduduk suatu desa karena mereka meninggalkan ketakwaan:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى ءٰامَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰـتٍ مِنَ السَّمَآءِ وَاْلأَرْضِ، وَلـٰكِنْ كَذَّبُوْا فَأَخَذْنٰـهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ (سورة الأعراف: 96)

Jikalau saja penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi; tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya (Qs. Al-A’râf: 96)[AF.Editor]

*Terjemahan Kitab Tarbiyatus Shibyan oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad

Related Post