Berprestasi dan Bernyali dalam Organisasi, Kini Sukses Raih Gelar Sarjana di UNEJ

Sempat Merasa salah Jurusan, Akhirnya Menikmati Kuliah dan Berbagai Kegiatan Filantrop

Pesantren Nuris – Alumni Nuris ini terbilang gesit dan proaktif pasalnya banyak kegiatan penunjang organisasi selain kesibukan kuliah yang dijalaninya di Universitas Jember (UNEJ) , Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Meski demikian, ia juga kerap meraih prestasi dan tentu juga berkarya dengan memproduksi buku antologi bersama.

Khofifatul Laily, lulusan SMK Nuris Jember, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) tahun 2018 ini mulanya merasa salah jurusan saat awal menapaki dunia perkuliahan. Betapa tidak, kompetensi teknis yang getol ia pelajari selama tiga tahun, kemudian seolah berubah 360* dengan mempelajari bahasa, pendidikan, dan budaya.

Ia mengaku perlu adaptasi lebih saat mempelajari suatu hal sifatnya akademis dari sebelumnya yang lebih praktis. Tetapi lambat laun, ia menikmati perkuliahan yang ia jalani seraya berkhidmah di Pesantren Nuris Jember. Siapa sangka, gadis cantik asal Panti Jember ini mampu meraih prestasi di bidang seni baca Alquran kategori tartil.

Perempuan kelahiran Jember, 26 November 1999 ini bahkan terpilih sebagai kafilah UNEJ dalam ajang MTQMN tingkat mahasiswa. Tak cukup di situ, ia juga melebarkan sayap leadership-nya dengan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakampus seperti Forum Lingkar Pena (FLP) bahkan sempat diamanahi sebagai sekretaris hingga kini.

(baca juga: Super Keren, Lulusan SMK Nuris Jember Tembus SBMPTN 2022 di Universitas Brawijaya Malang)

Dari keaktifannya dalam organisasi literatif ternama tersebut, ia bersama teman-temannya sudah menerbitkan berbagai karya antologi cerpen dan pentigraf, bahkan kini sedang proses pengerjaan antologi memoar. Keren bukan alumni Nuris ini?

Khofif, sapaan akrab gadis aktivis ini juga terlibat dalam berbagai kegiatan filantrop sebagai volunteer. Sebut saja organisasinya yakni Persada Yatim Indonesia (PYI), Ruang Mimpi (RM), dan Yatim Mandiri (YM). Ia diamanasi sebagai pengurus baik sebagai sekretaris hingga sebagai guru sanggar. Mulia sekali kan Gaisss?

Meski tampak melelahkan dari berbagai kesibukan yang dijalaninya, selain kegiatan ekstrakampus ia juga mengabdikan ilmunya di lembaga pendidikan dan les privat tetap mampu menuntaskan studi sarjana usai merampungkan skrispi berjudul Interferensi Fonologis dan Morfologis Bahasa Madura dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Guru TKS Dharma Wanita 2 di Kecamatan Panti Kabupaten Jember yang disidangkan pada 13 Desember 2022 lalu.

Seraya menanti jadwal wisuda, pemudi yang diganjar IPK trakhir 3.61 mengimplementasikan ilmunya di lembaga pendidikan dan berkeinginan melanjutkan pendidikan profesi guru. Selain itu, ia ingin mewujudkan impiannya menjadi seorang dosen dengan mencari peluang beasiswa untuk studi pascasarjana di masa depan.[AF.Red]

Nama                    : Khofifatul Laily
Lembaga              : SMK Nuris Jember, Prodi TKJ, tahun 2018
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia    

Related Post