Ngaji Kitab, Belajar Coding hingga Rencana Bangun Software House, Impian Santri Seusai Belajar di IT Telkom Surabaya

Punya Pandangan Prospektif Terkait Kebutuhan SDM Bidang Teknologi Informasi, Santri ini Bergegas

Pesantren Nuris – Meski seorang santri yang dengan image tertutup dan hanya pandai dalam hal mengaji dan baca kitab kuning, dewasa ini seolah terbantahkan. Toh, banyak sekali santri berkiprah secara global dalam segala bidang mulai industri, hukum atau politik, bahkan dalam sains dan teknologi.

Seperti santri Pesantren Nuris Jember ini, Dandy Maulana Ainul Yaqin, yang bertekad belajar Rekayasa Perangkat Lunak di salah satu kampus favorit di Surabaya yakni, Institut Teknologi Telkom (ITTelkom) Surabaya seusai tamat dari MTs dan MA Unggulan Nuris ini. baginya belajar terkait teknologi punya prospek yang menjanjikan di masa depan.

“Meski sebagai santri tetap harus melek perkembangan zaman. Saya sejak di Pesantren Nuris Jember memang banyak belajar kitab dan Alquran apalagi saya berada di kelas unggulan kitab waktu itu. Walau begitu, saya punya pandangan lain terkait kebutuhan dunia kerja dan saya suka dengan tantangannya.” tukas  Dandi, sapaan akrabnya.

(baca juga: Dalami Ilmu Tafsir di University of Jordan, Lulusan MA Unggulan Nuris Kelak Ingin Lanjutkan Pascasarjana di Turki)

Akses belajar terkait sains dan teknologi yang memang tak sebebas di sekolah bukan pesantren, tak membuat santri kelahiran Situbondo, 19 Januari 2004 ini keder dan kagok ambil jurusan kuliah tersebut. Justru ia tertantang sebab kesempatan yang ia dapatkan melalui kegiatan tambahan belajar atau ekstrakurikuler di Nuris membuatnya ingin semakin berkembang.

Bak impian yang terwujud, hampir satu semester ini ia jalani perkuliahan di kampus keren ITTelkom Surabaya tersebut. Sebagai santri ia tetap mengasah kemampuannya belajar kitab dan mengaji di Pesantren Mahasiswa Jagad Alimusirry selain kesibukan kuliah. Bahkan ia mengembangkan kompetensi diri melalui kegiatan tambahan coding di kampus atau pun otodikak.

“Saya berharap dapat mengasah rasa ingin tahu saya baik secara otodidak maupun dengan cara ikut UKM yang bernama coder, didalamnya saya ikut UKM coder devisi web & mobile development. Kelak semoga saya bisa buka kelas coding bagi semua kalangan dan membangun software house sesuai kuliah nantinya.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama                    :  Dandy Maulana Ainul Yaqin
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2019, MA Unggula Nuris, Jurusan PK tahun 2022
Kuliah                   : Institut Teknologi Telkom Surabaya, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Related Post