Prihatin dengan Kasus Pernikahan Dini dan Perceraian yang Meningkat di Indonesia, Alumni Ini Mantap Perdalam Ilmu Hukum Keluarga Islam

Bercita-cita Mulia, Alumni Ini Ingin Jadi Penghulu dan Pegawai Kemenag RI

Pesantren Nuris – Miris melihat maraknya pernikahan di usia dini dan kasus perceraian yang terjadi di Indonesia, yang angkanya tiap tahun semakin meningkat, dan merasa penasaran dengan dunia hukum tentang hal tersebut, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2022 ini bertekad jadi mahasiswa hukum, jurusan hukum keluarga Islam, yuk simak profil lengkapnya!

Bias Rijal Akbar, lelaki kelahiran Jember, 13 April  2003 ini akrab dipanggil Bias. Semasa nyantri selama 6 tahun di Pesantren Nuris Jember Bias dikenal dengan siswa yang cerdas, ia juga sangat tertarik dengan dunia sosial politik serta hukum.

Ia memilih jurusan IPS semasa SMA, dan aktif di ekstrakurikuler sains olimpiade bidang IPS. Ia juga beberapa kali berhasil menjadi juara seperti pada saat duduk di bangku MTs Unggulan Nuris ia pernah menjadi Juara 3 Olimpiade IPS Tingkat Kabupaten dan di jenjang  SMA pernah juara MHN nadhom aqidatul awam tingkat pondok (internal) dan juara olimpiade sosiologi tingkat nasional.

Saat ini Bias sudah menjadi seorang mahasiswa di UIN Satu Tulungagung (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung) jurusan hukum keluarga melalui jalur SPAN-PTKIN (Nilai Rapor). Ia mengaku harus melewati banyak rintangan, dan mendaftar diberbagai PTN hingga sampai di titik sekarang.

(Baca juga: jadi-mahasiswa-berprestasi-alumni-sma-nuris-jember-ini-kuliah-di-politeknik-elektronika-negeri-surabaya)

“Setelah lulus dari SMA Nuris Jember saya memutuskan untuk lanjut daftar kuliah di PTN/PTKIN dan juga semuanya saya coba dan Alhamdulillah akhirnya rezekinya kena di UIN Satu Tulungagung (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Saya diterima jalur SPAN-PTKIN (Nilai Rapor) di Jurusan Hukum Keluarga Islam “HKI”, Fakultas Syariah Ilmu Hukum,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan alasan ia memilih jurusan ini. “Alasan pertama karena ada harapan dari kedua orang tua khususya ayah yang mengharapkan bisa jadi Penghulu yang professional atau bekerja di KEMENAG RI. Dan alasan lainnya, karena saya suka dengan Ilmu Politik dan Sosial serta keprihatinan saya terhadap permasalahan perkawinan di usia dini dan perceraian karena banyak sekali dan beragam kasus di setiap tahun nya, dan juga di jurusan HKI ini ada berbagai macam ilmu menarik yang nantinya akan didapat seperti ilmu bersosialisasi, ilmu komunikasi, dan ilmu analisis masalah dalam sebuah keluarga, serta ilmu lainnya. ilmu analisis masalah dalam Sebuah Keluarga ini yang membikin saya lebih tertarik dikarenakan dalam ilmu ini nanti akan membahas dan menganalisis masalah dan lain-lain seperti perkawinan, peceraian, dan lain-lain,” ungkapnya

Bias mengaku sangat senang dan bersyukur bisa lolos dan diterima di universitas ini. “Perasaan saya senang dan orang tua saya ikut senang sekali, selain itu saya juga bersyukur karena di kampus UIN Satu Tulungagung tersebut nuansa baik dari lingkungannya atau kultur social dan budayanya masih asri dan juga masyarakat disana baik-baik. Lebih menariknya dalam keseharian masyarakat kabupaten Tulungagung dan khususnya dalam lingkup UIN masih memegang kebudayaan dan adat Jawa, sama seperti lingkungan saya di Jember,” ujarnya.

Tak hanya sibuk dalam kuliahnya, Bias juga aktif di beberapa organisasi di kampusnya. Seperti HMPS HKI, PKPT IPNU-IPPNU, dan UKM PENCAK SILAT PAGAR NUSA.

“Harapan saya kedepannya bisa membahagiakan dan mengangkat derajat kedua orang tua menjadi lebih baik, menjadi orang baik yang bisa bermanfaat untuk orang banyak, menjadi penegak Hukum yang baik berhati nurani, jujur, dan adil, dan bisa mewujudkan harapan kedua orang tua bisa menjadi Penghulu/Staf KEMENAG/Staf Kejaksaan,” tuturnya.

(Baca juga: bercita-cita-jadi-guru-alumni-sma-nuris-ini-ambil-jurusan-pendidikan-sejarah)

Bias juga menyelipkan kesannya selama ia pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember.

“Kesan saya selama 6 tahun mondok di Pesantren Nuris Jember tercinta ialah senang dan suatu kebanggaan bisa berkontribusi serta banyak sekali dan tidak bisa disebut satu-persatu, kesan dari saya salah satunya dan mewakili ialah bangga, senang, dan bersyukur sekali bisa dekat dengan Kyai dan Bu Nyai sekaligus ngabdi di Dhalemnya Beliau dan semoga berkah dunia akhirat, Amin. Dan untuk adik-adik santri teruslah semangat dalam menuntut ilmu dan terus berjuang meraih cita-cita, dan janganlah mengecewakan harapan orang tua dan guru,” ungkapnya mengakhiri. Selamat ya Bias semoga diberi kelancran dalam belajarnya dan apa yang kamu cita-citakan tercapai amin. [Red.Dev]

Nama Lengkap: Bias Rijal Akbar
Tempat, tanggal lahir: Jember, 13 April 2003

Alamat: Jl. Perjuangan, Balung Lor, Balung, Jember
Kuliah: Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Satu Tulungagung
Lembaga: MTs Unggulan Nuris, 2019 dan SMA Nuris Jember, 2022

Related Post