Usai Tuntas Hafalkan Alquran, Kini Sukses Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude

Segera Abdikan Diri di Lembaga Pendidikan seraya Bersiap Kuliah Pascasarjana

Pesantren Nuris – Kebahagiaan tak terkira dan menjadi tahun yang mengesankan pada 2022 lalu bagi alumni Nuris yang satu ini. Pasalnya, target ingin menggenapkan hafalan Alquran bersamaan dengan ketuntasan pendidikan sarjana yang dijalaninya berjalan mulus nyaris tanpa kendala. Bahkan ia mampu meraih predikat sebagai sarjana dengan pujian atau cum laude.

Dina Kamalia Mursyida, lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPS tahun 2018 silam ini  sukses sabet gelar sarjana PAI di UIN KH. Achmad Siddiq (UIN Khas) Jember usai diwisuda pada 20 Desember 2022 lalu. Tak tanggung-tanggung, capaian indeks prestasi kumulatifnya mencapai 3.71 sehingga ia dinobatkan sebagai lulusan membanggakan.

“Dulu motivasi kuliah jurusan PAI karena amanah dari abah saya. Selain itu, saya memang bercita-cita menjadi seorang guru PAI. Bagi saya guru PAI itu merupakan pilihan strategis dalam membidik pendidikan akhlak siswa sebab dewasa ini degradasi moral sangat tampak dan mengkhawatirkan. Saya pun tergerak untuk terjun.” Tutur gadis asal Glenmore Banyuwangi tersebut.

(baca juga: Berprestasi sedari Nyantri, Gapai Impian Kuliah di Salah Satu Kampus Terbaik di Indonesia, UNAIR Surabaya)

Sempat mengabdikan diri di Pesantren Nuris Jember seraya menempuh studi sarjana di Kampus UIN Khas tersebut. Kemudian, Dina melanjutkan petualangan kesantriannya ke PPTQ Ebqory Jember. Ia menargetkan bisa wisuda sebagai hafizah 30 Juz bersamaan dengan wisuda sarjananya. Untung malah diraih, sebelum wisuda sarjana ia terlebih dulu sukses wisuda Alquran pada 29 September 2021.

Perempuan kelahiran Banyuwangi, 16 Desember 1999 tersebut merasa senang dan bangga, ternyata target yang ia rencanakan datang lebih cepat. Ia bisa wisuda Alquran lebih awal, sehingga bisa fokus mengerjakan skripsi berjudul Model Direct Instruction dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk Akhlak Mulia pada Anak Berkebutuhan khusus (Abk) Tunagrahita di SDLB-BCD YPAC KALIWATES JEMBER Tahun Ajaran 2021/2022, yang disidang pada 25 Oktober 2022.

Gadis peraih beasiswa bidikmisi jalur baca kitab dan hafalan Alquran ini mulai merencanakan untuk segera terjun mengajar di lembaga pendidikan. Ia juga tetap berupaya meningkatkan wawasan dan tingkat pendidikannya dengan mempersiapkan diri untuk kuliah pascasarjana. Bagi Dina, sebelum mencerdaskan anak bangsa, ia harus memperkaya diri dengan ilmu dan akhlakul karimah yang kuat.[AF.Red]

Nama                    : Dina Kamalia Mursyida
Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, tahun 2018
Kuliah                   : UIN KH. Achmad Siddiq, Prodi PAI

Related Post