Berkarier sebagai Staf IT di RS Citra Husada Usai Sukses Raih Gelar Sarjana Informatika di UNEJ

Kompetensi Bidang IT sangat Prospektif, Tingkatkan Keahlian di UNEJ Usai dapat Bekal dari SMK Nuris Jember

Pesantren Nuris – Alumni Nuris ini meyakini kata bijak dari sosok dunia kesohor seperti Benjamin Franklin yakni, “Kalau kita berhenti berubah, kita akan selesai”. Sebagai lulusan SMK Nuris Jember, Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) tahun 2018, Haris Arifin tahu betul bahwa kebutuhan tenaga bidang IT (Informasi dan Teknologi) semakin besar di masa depan.

Dengan demikian, lelaki kelahiran Jember, 27 September 1999 ini semakin mantap melanjutkan studi sarjana di bidang yang linier dengan kompetensi yang dimilikinya sejak di SMK Nuris Jember. Meski harus berjuang via jalur SBMPTN, akhirnya ia mampu lolos masuk kampus negeri unggulan Universitas Jember (UNEJ) pada Jurusan Informatika.

Pemuda asal Desa Jatisari, Jenggawah, Jember ini menyatakan, “Yang pertama saya ingin melanjutkan kompetensi yang saya miliki dan saya dapat waktu SMK. Di lanjut dengan perkembangan dunia digital yang sangat pesat, tentunya sebagai seorang yang ingin belajar tentang dunia IT harus selalu update mengenai pembaruan-pembaruan yang ada.”

(baca juga: Alumnus SMK Nuris Jember jadi Sarjana Ekonomi, Raih Indeks Prestasi Kumulatif Nyaris Sempurna)

Haris pun tak menyia-nyiakan kesempatan belajar di perguruan tinggi tersebut untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luas. Selain dunia perkuliahan, ia sempat aktif dalam organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga Fakultas atau dikenal dengan UKM Maco. Ia pernah didapuk sebagai kepanitiaan agenda besar SISFO Cup.

“Pengalaman menarik yang pernah saya alami selain perkuliahan adalah saat saya menjadi panitia kegiatan besar di kampus. Apalagi kegiatan yang berdurasi cukup panjang dan butuh banyak waktu harus pandai-pandai mengatur waktu antara kuliah dan profesionalisme kegiatan. Alhamdulillah berkat komitmen semua dapat saya lewati dengan baik.” Imbuhnya.

Seiring berjalannya waktu, skripsi berjudul Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tanaman Hidroponik Menggunakan Metode Forward Chaining mampu ia tuntaskan dan disidangkan di hadapan dosen penguji pada 18 November 2022 lalu. Berkat ide brilian tersebut, ia diganjar IPK yang sangat memuaskan yakni, 3,48.

Bahkan sebelum wisuda dari UNEJ pun, kini Haris sudah disambut karier yang gemilang di sebuah rumah sakit swasta kenamaan di Kabupaten Jember. Ia berkarier sebagai staf IT di Rumah Sakit Citra Husada Jember. Kelak, ia juga ingin mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang pengusaha. Semoga selalu sukses.[AF.Red]

Nama                    : Haris Arifin
Lembaga              : SMK Nuris Jember, Prodi TKJ, Tahun 2018
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Informatika
Karier                    : Rumah Sakit Citra Husada Jember, sebagai Staf IT

Related Post