Kuliah dengan Beasiswa, Kini Lulus Sarjana Berpredikat Cum Laude di UNEJ

Suka Biologi sejak di MA, kini Persiapkan Diri Berencana Lanjut Pascasarjana

Pesantren Nuris – Berawal dari motivasi guru Biologi sejak di MA Unggulan Nuris, lulusan Jurusan IPA tahun 2018 silam ini bertekad melanjutkan studi sarjana pada Jurusan Pendidikan Biologi. Bak pucuk dicita ulam pun tiba, impian yang telah disusunnya tercapai, ia mampu menembus seleksi ketat masuk salah satu PTN favorit, Universitas Jember (UNEJ) pada jurusan yang ia idamkan.

Wardza Izza Wulandari menjalani perkuliahan dengan suka cita di UNEJ tersebut. Sebagai mahasiswa terpilih dengan status peraih beasiswa, gadis kelahiran Jember, 10 Maret 2000 ini betul-betul tak menyia-nyiakan kesempatan. Ia belajar dengan giat dan kelak ingin menjadi seorang guru profesional yang mampu menginspirasi.

“Alhamdulillah senang dan bangga sekali bisa studi sarjana pada jurusan yang benar-benar saya impikan. Selama kuliah saya lakukan sepenuh hati, terutama dalam mengembangkan potensi membuat media ajar berupa gambar ilustrasi. Ini penting agar nantinya anak didik saya dapat memahami apa yang akan saya ajarkan.” Tutur Wardza,  sapaan akrabnya.

(baca juga: Berprestasi dan Pandai Baca Kitab, Kini Sah jadi Sarjana di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Sebagai seorang santri yang  biasa dengan kondisi homogen dalam beragama, pemudi asal Wuluhan Jember ini mengaku banyak belajar bersosialisasi dan bertoleransi selama menjadi mahasiswa di UNEJ yang heterogen. Ini menjadi wawasan dan pengalaman yang menarik bagaimana ia harus saling menghormati satu sama lain.

Perlahan namun pasti, skripsi berjudul Pengaruh pemberian POC (Pupuk Organik Cair) Batang Pisang yang Diperkaya PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacter) Akar Bambu terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) sebagai Materi Penyusunan Leaflet mampu ia pertanggungjawabkan di hadapan dosen penguji pada 29 Juli 2022 lalu.

Ia pun resmi menyandang gelar sarjana pendidikan biologi yang tersemat di belakang namanya usai diwisuda pada 10 Desember 2022 lalu. Hebatnya lagi, Wardza dinyatakan lulus dengan predikat cum laude dengan capaian IPK terakhir 3,56. Ia mampu menuntaskan perkuliahan sarjana terbilang cepat yakni,  3 tahun 11 bulan.

Seraya mempersiapkan diri untuk menggapai impian kuliah pascasarjana dengan beasiswa, sekarang kesibukannya adalah mengisi les privat di salah satu bimbel Jember dan usaha online hijab dan lain-lain. Ia berharap bisa menggapai impian berikutnya ini.[AF.Red]

Nama                    : Wardza Izza Wulandari
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2018
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Pendidikan Biologi  

Related Post