Berprestasi Bidang Literasi, Siswa SMA Nuris Jember Borong Juara Cerpen di Ajang Degree Science Festival II

Santri Berkarya, Warnai Dunia dengan Goresan Pena Sastra

Pesantren Nuris – Prestasi siswa SMA Nuris Jember bidang literasi terbilang mentereng, tidak hanya berupa karya tulis ilmiah berupa artikel maupun esai, tetapi juga dapat berupa karya fiksi seperti cerpen. Yang terbaru, tiga siswa SMA Nuris Jember mampu memborong piala lomba menulis cerpen tingkat nasional dalam ajang Degree Science Festival II di Transmart Jember Minggu, 19 Maret 2023 lalu.

Ketiga siswa berbakat sebagai cerpenis yang berprestasi tersebut yakni, Mudiyatus Sholeha meraih Juara 1 dengan judul cerpen “Derai Tasamuh”; Nabila Kridayanti Lestari meraih Juara 3 dengan judul cerpen “Puan Jeram”; dan Tsaniya Putri meraih Juara Harapan 1 dengan judul cerpen “Muadzin Khianat”. Mereka mampu menyisihkan puluhan karya dari peserta lain.

Kesuksesan siswa SMA Nuris Jember dalam meraih juara bidang literasi tak terlepas dari pelaksanaan program unggulan literasi di lembaga yang dipimpin oleh Gus Robith Qoshidi tersebut. Melalui pembinaan dan pendampingan para guru, para siswa berkarya dengan tema tertentu, lalu diseleksi untuk kemudian dibukukan baik berupa kumpulan puisi, cerpen atau buku novel.

(baca juga: 3 Kunci Sukses Pelajar SMA Nuris Jember Tembus Skor TOEFL ITP 637, Tuk Kepoin)

Salah satu buku karya siswa SMA Nuris Jember yang cukup populer yakni, Antologi cerpen Melukis Kanjeng Nabi oleh Nabila Kridayanti, peraih juara 3 tersebut, dari penerbit AE Publishing, Malang. Selain itu, juga banyak hasil karya tulis siswa SMA Nuris Jember berupa karya ilmiah  yang dibukukan.

Gus Robith Qoshidi selaku Kepala SMA Nuris Jember turut mengapresiasi capaian prestasi anak didiknya. “Kami di SMA Nuris Jember memfasilitasi bakat dan minat siswa bidang literasi berupa program pembinaan bahkan ada beasiswa khusus bagi siswa yang berprestasi bidang literasi ini. Tentu syaratnya harus sudah punya buku karya dan pernah juara minimal kabupaten.”

“Ananda Nabila ini merupakan salah satu siswa peraih beasiswa bidang literasi dari SMP Nuris Jember sebelumnya. Ia menulis buku cerpen yang menarik, ia juga sering juara bidang cerpen. Termasuk Mudiyatus sebagai juara 1 ini merupakan siswa yang aktif dalam pembimbingan literasi melalui ekskul penulis kreatif.” Imbuhnya.[AF.Red]

dokumentasi siswa SMA Nuris Jember peraih juara harapan 3 lomba cerpen
dokumentasi siswa SMA Nuris Jember peraih juara 3 lomba cerpen
Related Post