Berprestasi Sedari Nyantri, Kini Kuliah di Kampus Negeri Bergengsi pada Jurusan Agronomi

Produktif Menulis Karya Ilmiah sejak di MA, Kini Ingin Berkontribusi untuk Kemajuan Pertanian Bangsa

Pesantren Nuris – Santri berprestasi bidang kepenulisan karya ilmiah menjadi jejak nilai yang patut dibanggakan. Seperti kiprah yang telah dilakukan oleh alumnus Pesantren Nuris Jember yang satu ini, produktivitasnya dalam berkarya membuatnya meraih beragam prestasi hingga di kancah nasional. Berkat prestasinya ini pun, membuatnya mudah menembus kampus negeri impiannya.

Moch Hilman Faidul Umam, sosok kalem lulusan MTs Unggulan Nuris tahun 2019, dan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2022 ini dikenal sebagai santri yang cerdas. Sejak tsanawiyah cukup banyak prestasi yang ia raih khusunya di bidang akademik. Bahkan, hingga masuk MA Unggulan Nuris, ia pernah menorehkan tinta emas sebagai peraih juara pertama lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.

Tak heran, ia terbilang mudah menembus ketatnya seleksi nasional jalur prestasi atau dikenal dengan SNMPTN tahun 2022 lalu pada Jurusan Agronomi di Universitas Jember (UNEJ). Catatan prestasi ini juga didukung dengan nilai rapor yang sangat baik bahkan sebagai siswa berpredikat tiga terbaik setiap semesternya.

(baca juga: Siswa MA Unggulan Nuris Raih Medali di Ajang ASEAN)

“Saya memilih agronomi karena memiliki ketertarikan dalam mempelajari tentang tumbuhan. Kenapa harus pertanian? Karena saya menyadari bahwa semua yang manusia konsumsi berasal dari pertanian. Jadi, pertanian menurut saya adalah aspek yang krusial dan fundamental dalam pemenuhan kebutuhan manusia.” Tutur pemuda asal Tisnogambar, Bangsalsari, Jember tersebut.

Hari demi hari perkuliahan ia jalani dengan suka cita. Lelaki kelahiran Jember, 16 Maret 2003 tersebut ternyata juga turut aktif di berbagai kegiatan organisasi di sela kesibukan studi sarjananya. Baginya, selain kuliah, ia ingin menjadi sosok yang bermental baja dalam mengelola diri dan lingkungan. Melalui organisasi, ia merasakan pengalaman yang mengesankan.

Ke depan, pemuda yang hobi menonton sepakbola ini berharap mampu menuntaskan studi sarjana dengan prestasi. Bahkan, ia ingin berkontribusi banyak dalam pengembangan pertanian dalam memakmurkan bangsa. Tak hanya itu, kelak ia ingin tak berhenti menjadi seorang sarjana, tetapi juga mampu menembus magister hingga doktor. Semoga tercapai.[AF.Red]

Nama                    : Moch Hilman Faidul Umam
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2019; MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA tahun 2022
Kuliah                   : UNEJ, Prodi Agronomi

Related Post