Sukses Taklukkan Ajang FLS2N Kabupaten, Siswa SMA Nuris Jember Juara 1 Kategori Cipta Puisi

Produktif dengan Dua Karya Buku, Remaja ini juga Bersiap Wakili Jember ke Tingkat Provinsi

Pesantren Nuris – Geliat sastra pesantren benar-benar menggema di era digital seperti saat ini, tidak hanya sekadar produktif luncurkan berbagai karya kreatif, tetapi juga berprestasi. Seperti siswa kreatif SMA Nuris Jember yang satu ini, selain produktif berkarya dengan dua buku sastranya, ia juga dielukan karena prestasinya di ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) tahun 2023 tingkat kabupaten.

Nandhita Yusvira Prastika, siswa kelas XI IPA 2 tersebut berhasil meraih juara 1 kategori Cipta Puisi tingkat kabupaten dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) yang diselenggarakan oleh PUSPRESNAS KEMENDIKBUD RI yang dilaksanakan pada 17 Mei 2023 di SMAN Ambulu. Ia pun berhak sebagai delegasi SMA Nuris Jember yang akan mewakili Jember di tingkat Provinsi.

Karya Nandhita, sapaan akrabnya, berjudul “Hasil Panen untuk Membeli Akhlak Virtual” mampu memukau dewan juri FLS2N 2023 hingga mampu menaklukkan ajang bergengsi tersebut. Peraih juara kategori Cipta Puisi lainnya yakni, Khenisha dari SMAN 2 Tanggul sebagai juara 2; Syafrinda dari SMAN 1 Jember sebagai juara 3; Mufida dari SMAN Jenggawah sebagai harapan 1; Alya dari SMAN Kalisat sebagai harapan 2; dan Nydia dari MAN 1 Jember sebagai harapan 3.

(baca juga: Berprestasi Bidang Literasi, Siswa SMA Nuris Jember Borong Juara di Ajang Degree Science Festival)

“Saya gemetar saat tahu dinyatakan sebagai juara 1. Sebelumnya sempat lemas sebab saat pengumuman dari juara harapan 3 sampai juara 2 kok tidak ada nama saya, pesimis sekali. Padahal saya berharap bisa masuk 6 besar sudah alhamdulillah, ternyata Allah mempercayai saya sebagai juara pertama. Perasaan saya senang dan bangga.” Tutur Nandhita.

Ketekunan dan bakat kreatif Nandhita yang tumbuh sejak masih duduk di SMP Nuris Jember, semakin meningkat ketika melanjutkan SMA Nuris Jember saat ini. Karya novela yang ia terbitkan saat masih di SMP Nuris Jember berjudul Ibu, Izinkan Aku Salat di Gerejamu sebagai buku pertamanya. Sementara itu, buku keduanya berupa kumpulan cerpen berjudul Sebelum Singgah Seusai Pamit.

“Pastinya bangga dan ini prestasi yang luar biasa meski tingkat kabupaten. Sebelumnya, Nandhita juga pernah juara tingkat provinsi dan nasional pada ajang lain yang diselenggarakan kampus kenamaan. Ketekunannya dalam karya kreatif perlu diapresiasi. Semoga di ajang provinsi ke depan bisa menulis karya yang lebih baik dan berprestasi kembali.” Tutur Gus Robith Qoshidi, Kepala SMA Nuris Jember.[AF.Red]

Nandhita (nomor 2 dari kanan) saat berfoto bersama panitia dan para juara cipta puisi FLS2N 2023 lainnya
Related Post