Berprestasi di Bidang Kepenulisan Sejak SMA, Alumni Ini Calon Sarjana Pendidikan

Kuliah Jurusan Matematika, Alumni Ini Jago Nulis

Pesantren Nuris- Tasya Dea Amalia, merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2019. Semasa bersekolah di SMA Nuris Jember, gadis yang akrab dipangil Tasya ini dikenal dengan siswa yang berprestasi di bidang kepenulisan sastra.

Ia bahkan beberapa kali berhasil menjuarai lomba bidang kepenulisan, tak hanya itu Tasya juga tertarik belajar matematika. Saat ini Tasya udah menjadi seorang mahasiswa di jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.

Ia mengaku memilih jurusan ini karena sejak kecil memang sudah tertarik dengan matematika. “saya memilih jurusan matematika dikarenakan dari kecil saya suka matematika, dan ketika di SMA Nuris Jember saya juga aktif di ekskul matematika,” ungkapnya.

Memasuki semester akhir perkuliahan, Tasya mengaku tak lagi aktif di organisasi, ia sedang focus pada tugas akhirnya. “untuk sekarang saya hanya mengikuti iman saja dikarenakan sudah semester akhir, tapi kalau dulu saya aktif di Hmj Matematika Vektor selama 2 tahun dan ditahun ketiga saya aktif di dewan mahasiswa fakultas MIPA,” tuturnya.

Meski sudah tak lagi aktf menulis sastra, namun ia mengaku tetap aktif menulis di bidang ilmiah. “Bekal menulis dari SMA Nuris Jember membuat saya tetap aktif menulis hingga saat ini, cuma sekarang bukan sastra tapi dibidang ilmiah,”

Gadis kelahiran Banyuwangi, 10 September 2000 ini juga pernah mengajar di SMAN 1 Tumpang Malang dan menjadi tentot di lembaga Bimbel.  “Saya juga pernah ikut pengabdian dosen “pelatihan penggunaan math solver untuk meningkatkan keterampilan guru-guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Mojokerto,”

(Baca juga/alumnus-smk-nuris-jember-gapai-impian-kuliah-teknik-elektro-di-unej-cekidot-profilnya)

Tasya berharap kedepannya bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, dan bisa menulis sastra lagi. “Bismillah saya ingin melanjutkan study saya, semoga Allah permudah dan ingin menulis sastra lagi,” tuturnya.

Ia juga memberikan kesan selama pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember.

“kesan saya nyantri di pesantren nuris yaitu yang pertama sangat istimewa, nuris membantu saya untuk meneruskan study saya di  sma dg beasiswa yg saya peroleh. selain itu melalui eskul yg saya ikuti sy mendapatkan pengalaman berharga di bidang kepenulisan padahal sebelumnya itu merupakan bidang yang saya tidak sukai. banyak sekali hal-hal yang saya pelajari, kebiasaan hidup dipondok membuat saya lebih cepat beradaptasi ketika hidup merantau seperti sekarang. bahkan ketika lulus pun saya masih mendapatkan banyak kasih sayang dari pihak nuris, meski tidak secara langsung,”

“Harapan saya untuk Nuris, masyaAllah Nuris sekarang berkembang pesat namun doa dan harapan saya masih sama, semoga nuris dapat terus berkembang dan santri-santrinya dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat nantinya,” ungkapnya.

(Baca juga: usai-raih-sarjana-pendidikan-bahasa-inggris-alumni-nuris-ini-ingin-buka-lembaga-bimbingan-belajar)

Ia juga sedikit bercerita tentang perjalanan menulisnya, dan prestasi yang pernah ia raih. “Alhamdulillah dulu dari menulis saya mendapat banyak pengalaman yg menyenangkan. pada awalnya sebenarnya saya juga bingung harus memilih jurusan apa dalam kuliah. jika memilih sastra saya juga sedikit khawatir karena sebenernya itu bidang yang kurang saya minati meskipun saya suka menulis ibu. akhirnya setelah diskusi dengan keluarga diperoleh keputusan untuk memilih jurusan matematika. saat itu pertimbangannya adalah agar saya juga bisa mudah untuk belajar persiapan mendaftar STAN ditahun selanjutnya. namun Allah berkehendak lain ditahun selanjutnya pandemi datang sehingga untuk pendaftaran tidak dibuka,” ungkapnya.

Selama di SMA Nuris Jember berikut prestasi yang pernah di raih oleh Tasya.
1. Penulis terpilih antologi cerpen reinkarnasi heliacal group 2021
2. Juara 3 puisi tema “Cinta” Penerbit Banyu 2021
3. Juara 2 Esai Fesilnas Universitas Trunojoyo Madura 2021
4. Juara 2 LKTI NCC Unusa 2022
5. Medali Perak Mathematics paper competition Ikahimatika Wilayah V 2022
6. Juara 1 LKTIN Gematika 2022

Sukses selalu ya Tasya dan kami tunggu karya-karyamu. [Red.Dev]

Nama: Tasya Dea Amalia
Alamat: Dusun Barurejeo RT 01/RW 03, Kalibarumanis, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur
Tempat, tanggal lahir: Banyuwangi, 10 September 2000
Alumni: SMA Nuris Jember, 2019
Kuliah: Universitas: Universitas Negeri Malang, Jurusan Matematika

Related Post