Berprestasi sedari Nyantri, Tuntaskan Studi Sarjana Sains di UNEJ, Nikmati Berkhidmat di Pesantren Tercinta

Diamanahi sebagai Pembina Asrama Sains, Merasa Bangga Berbagi Ilmu dan Pengalaman dengan Para Santri

Pesantren Nuris – Dari rasa penasaran dan tertantang mempelajari sains, terutama kimia, santri cerdas ini tak ragu untuk ambil studi sarjana pada jurusan yang sama di salah satu kampus negeri bergengsi di Jember, UNEJ. Bak gayung bersambut, santri berprestasi di bidang kimia semasa nyantri ini pun dinyatakan lolos masuk kampus yang diimpikan.

Marhamatul Khofifah, nama lengkap lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2018 ini. Pada tahun 2017 silam, saat duduk di kelas XI IPA 1 SMA Nuris Jember, Khofifah sapaan akrabnya, sempat mencatatkan rekor prestasi gemilang sebagai peraih juara 1 dalam ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang mata pelajaran kimia tingkat Kabupaten Jember.

Gadis kelahiran Jember, 23 Oktober 1999 ini pun berkesempatan mewakili Kabupaten Jember di ajang OSN tersebut di tingkat provinsi. Catatan prestasi ini sekaligus menegaskan status lembaga SMA Nuris Jember yang notabene berbasis pesantren, sebagai pencetak santri saintis yang patut diperhitungkan.

(baca juga: Raih Beasiswa, Alumni Nuris ini Jadi Mahasiswa S-2 di UI Jakarta)

“Ya memang apa yang saya dapatkan selama di SMA Nuris Jember ini yang membuat saya bertekad kuliah jurusan kimia. Saya ingin mengobati rasa penasaran dan terus berusaha mendalami kimia mulai dari sekadar teori hingga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.” Tutur Khofifah.

Berselang waktu berlalu, ia pun menjalani studi sarjana sains dengan suka cita, nyaris tanpa kendala yang berarti. Padahal, di waktu bersamaan, ia harus berjibaku dengan berbagai tugas dan tanggung jawab di pesantren sebagai pengurus dan pembina asrama santri khusus peminatan bidang sains.

“Sejak awal saya memang berniat untuk tetap tinggal di pesantren mulai kuliah bahkan hingga sekarang lulus dan bekerja. Bagi saya terus berkhidmah di pesantren, khususnya bagi kiai merupakan kebanggaan tersendiri. Saya senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada para santri bahwa kimia itu menyenangkan.” Imbuhnya.

(baca juga: Saintis Muda Hebat dari SMA Nuris Jember Juara 1 OSK Bidang Kimia)

Skripsi berjudul “Pengaruh Variasi Berat Molekul Kitosan Asap Cair terhadap Daya Simpan Umur Filet Ikan Tuna (Thunnus sp)” mampu ia tuntaskan dan telah dipresentasikan di hadapan dosen penguji pada 28 Juli 2023 lalu. Ia pun diganjar dengan capaian IPK dengan predikat sangat memuaskan yakni, 3,08. Kini ia tinggal menunggu jadwal wisuda yang konon akan terselengara di bulan September mendatang.

Saat ini pemudi asal Langsatan, Sukamakmur, Ajung, Jember ini berharap dapat terus mendedikasikan ilmu yang dimiliki untuk mengajar di lembaga formal di Yayasan Nurul Islam Jember, sekaligus juga dapat membimbing santri di Pesantren Nuris Jember. Baginya, ada kepuasan tersendiri dapat berkhidmat dan mengharap berkahnya.[AF.Red]

Nama                    : Marhamatul Khofifah
Ttl                           : Jember, 23 Oktober 1999
Alamat                 : Langsatan, Sukamakmur, Ajung, Jember
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2018
Kuliah                   : UNEJ, FMIPA Kimia
Karier                    : Guru Kimia di MA Unggulan Nuris

Related Post