Dari Sajak ke Sajak, Antalogi Puisi Kala Petang Terlahir Dari Semangat Santri

Judul buku                : Kala Petang
Penulis                      : Rizky, Fajar, dkk.
Penerbit                    : Jagat Litera
Tahun Terbit            : Cetakan pertama, Maret 2023
Jumlah Halaman     : 108
ISBN                           : 62-896-8053-898
Peresensi                  : Dewi Ernawati
*

Sinopsis

Antologi Puisi “Kala Petang” adalah kumpulan puisi yang ditulis oleh siswa-siswi MTs Unggulan Nuris. Terdapat 72 judul puisi dalam antologi ini, yang mengangkat tema beragam. Mulai dari kisah menjadi santri di pesantren, kisah-kisah sahabat nabi, perbedaan ideologi di negara Indonesia hingga berbagai imajinasi kehidupan. Ragam judul tersebut ditulis apik menjadi satu kumpulan puisi penuh makna dan nilai yang bisa dipetik pada setiap bait-bait yang telah ditorehkan.

Antologi ini memuat ungkapan-ungkapan keberanian siswa dalam menyampaikan aspirasi dan pengalaman mereka. Salah satunya dilakukan oleh Fajar Rizky yang mengangkat tema kehidupan pesantren yang semakin hari semakin berubah seiring perkembangan masa. Sarana yang ada juga menjadi sorotan utama yang kian hari kian dapat memudahkan kehidupan dalam pesantren yang jauh dari orang tua. Rizky mampu menunjukkan kelegaannya akan hal itu, juga bernostalgia jaman lampau kehidupan dunia pesantren.

(Baca juga: Sebuah Novela Tentang Keluarga, “Ibu, Izinkan Aku Salat Di Gerejamu” Karya Siswa SMP Nuris Jember)

Selain puisi di atas, banyak puisi lain yang tak kalah mencuri perhatian. Di tulis oleh para santri Nuris dengan penuh perasaan. Beragam makna tersirat bisa dilihat dalam sajak-sajak mereka.

Dalam antologi puisi ini, siswa-siswi MTs Unggulan Nuris yang sekaligus santri mampu menyampaikan ungkapan hati dengan sangat baik, tepat sasaran, dan penuh dedikasi yang dapat dilihat dari beragam isu yang mereka angkat. Hal ini juga menunjukkan kehidupan pesanttren tidak lantas membuat mereka terisolasi dari kehidupan dunia luar.

Kelebihan

Tema yang diangkat beragam sehingga tidak membuat bosan para pembaca. Bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami sehingga pembaca paham makna yang ingin disampaikan.

Kelemahan

Selain menjadi kelebihan, tema beragam juga menjadi kelemahan karena pada umumnya antologi yang disajikan memuat tema yang seragam sehingga mudah untuk mendeteksi jenis antologinya.

Penulis merupakan guru Bahasa Indonesia SMP Nuris Jember

Related Post