Gelar Pameran P5, SMK Nuris Jember Siap Melahirkan Pelajar Berkarakter Pancasila

Berjalan Lancar, Acara P5 SMK Nuris Jember Berkesan

Pesantren Nuris- Mengangkat tema “Ice Breaking Untuk Mengatasi Siswa Mengantuk Di Kelas”. Rabu kemarin, 13 September 2023 jam 10.30 di lingkungan SMK Nuris Jember dilaksanakan pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Peserta yang melaksanakan proyek ini yaitu seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2023/2024 SMK Nuris Jember.

Sebelum melaksanakan pameran ini, panitia yang diberanggotakan siswa kelas X SMK Nuris itu sendiri melakukan identifikasi masalah yang ada di lingkungan SMK Nuris Jember. Kemudian siswa berdiskusi untuk mencari solusi dari masalah tersebut, masalah yang diangkat merupakan tentang: siswa yang mengantuk di kelas ketika jam pelajaran. Solusi yang dihasilkan adalah penggunaan ice breaking oleh para pengajar. Lalu dari solusi tersebut siswa men-design ice breaking sendiri dengan referensi dari internet dan memodifikasinya sesuai dengan kondisi di sekolah.

(Baca juga:kepoin-yuk-ini-dia-daftar-nama-siswa-smk-nuris-jember-yang-lolos-jalur-utbk-snbt-tahun-2023)

Tidak berhenti pada modifikasi, siswa lanjut membuat semacam poster yang isinya langkah-langkah dalam melakukan ice breaking. Selain poster ada juga video pendek yang menampilkan contoh bagaimana cara mempermainkan ice breaking. Proses ini benar-benar melibatkan siswa sampai pada tahap editing video pun menggunakan siswa kelas X SMK Nuris itu sendiri. Penggunaan media Artificial Intelligence (AI) dalam proses proyek ini juga dimanfaatkan, disediakan langsung oleh sekolah sehingga mereka menggunakan akun premium yang full fitur. Setelah semuanya selesai maka diadakanlah pameran.

Tujuan dari proyek profil pelajar pancasila ini guna membina dan menguatkan karakter dari siswa yang berorientasi pada profil pelajar pancasila (misal kreatif, gotong royong, kebhinekaan, kritis dan mandiri). Dukungan penuh koordinator P5 SMK Nuris Achmad Syuja’i, S.Pd. beserta jajaran tenaga pengajar SMK Nuris Jember bekerja sama dalam memfasilitatori dan menyukseskan proyek ini sehingga segala proses dan hasilnya sangat memuaskan.

Out put terpenting dalam proyek ini yaitu terpenuhinya karakter profil pancasila pada diri siswa. “Yang paling utama siswa merasa senang dalam belajar, dengan suasana menyenangkan dan kebersamaan. kerja sama dan kreativitas siswa, dapat menumbuhkan karakter positif dan akan bermanfaat untuk siswa itu sendiri” jelas Achmad Syuja’i, S.Pd selaku koordinator P5 SMK Nuris.[Red.Ayu]

Dokumentasi Kegiatan P5 SMK Nuris Jember
Related Post