Temukan Jodoh Penyemangat Tuntaskan Kuliah, hingga Dimanahi Mengajar di Madrasah

Jalankan Bisnis Online dan Akhirnya Sabet Gelar Sarjana Agama di UIN Khas Jember

Pesantren Nuris – Kisah alumnus MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2016 dalam meraih gelar sarjana ini terbilang haru membiru dan menarik. Pasalnya, dengan berbagai lika-liku perkuliahan, kehilangan sosok panutan, hingga komitmen pernikahan, akhirnya ia tuntas mendapatkan gelar sarjananya.

Barangkali ada yang cukup mengenal sosok bernama Mujibur Rohman. Lelaki asal Jalan Rengganis 2, Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember ini merupakan masih memiliki ikatan keluarga dengan Kiai Muhyiddin, Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris Jember, tempat ia menimba ilmu.

Setamat dari MA Unggulan Nuris, ia melanjutkan studi sarjana di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember pada jurusan Ilmu Hadis. Selama kuliah, bakat bisnisnya mulai muncul, ia pun menjalankan bisnis online berbagai produk santri seperti songkok dll.

(baca juga: Tak Sia-Siakan Kesempatan Beasiswa Saat Kuliah, Kini Sukses Raih Gelar Sarjana Pendidikan)

Baginya, jadi pengusaha itu harus dimulai dengan keberanian. Di zaman sekarang santri tidak hanya pandai baca kitab, tetapi juga harus pandai memainkan peran bisnis yang strategis. Di tengah kesibukan kuliah dan bisnis yang dijalani, ia harus menerima kenyataan saat ditinggal sosok panutannya yakni, abah tercinta.

Meski sempat merasa terpuruk, tetapi Gus Mujib sapaan akrab lelaki kelahiran Jember, 02 Februari 1997 tersebut tetap berusaha bangkit melanjutkan perjuangan dakwah abahnya. Di sela perjuangan itu, ia mendapatkan sosok penyemangat hidupnya yang dinikahinya pada 05 Maret 2023 lalu. Istri tercinta yang kini mendampingi bernama Ning Sulis Nada Fitriah.

Empat bulan berselang usai membangun bathera rumah tangga, ia sukses menuntaskan skripsi berjudul “Penerapan Hadis Kebersihan di Pondok Pesantren Nurul Qornain” pada Tanggal 4 Juli 2023 lalu. Capaian IPK-nya pun cukup memuaskan yakni, 3,32. Di belakang nama Mujib pun berhak disematkan titel sarjana agama usai diwisuda pada 09 September 2023 kemarin.

Kesibukan Mujib bersama istri saat ini adalah mengelola TPQ di Desa Gugut, yang merupakan rintisan almaghfurlah abah tercinta. Selain itu, ia juga tercatat sebagai anggota majelis pengasuh di Pondok Pesantren (PP.) Mambaul Ulum Gugut, Rambipuji, Jember sekaligus mengajar di lembaga madrasah tersebut. ia berharap terus dapat melakukan yang terbaik dan bermanfaat bagi umat.[AF.Red]

Nama                    : Mujibur Rohman
Ttl                           : Jember, 02 Februari 1997
Alamat                 : Jalan Rengganis 2, Desa Gugut, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2016
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Ilmu Hadis
Karier                    : Anggota Majelis Pengasuh di PP Mambaul Ulum Rambipuji dan Tenaga Pengajar

Mujib bersama Istri (pembawa buket bunga) dan keluarga tercinta

Related Post