Yes, Usai Sukses Raih Gelar Sarjana, Kini Abdikan Diri di Almamater Tercinta pada Bidang Tahfizul Qur’an

Bercita-Cita jadi Dosen, Semangat Lanjutkan Pendidikan Pascasarjana

Pesantren Nuris – Menjadi suatu kebanggaan bagi almamater MA Unggulan Nuris, para alumninya sukses meraih gelar sarjana dan kembali mengabdikan ilmu yang didapatkan. Salah satu alumni bernama Firda Silaturrohmah, sukses menuntaskan sidang skripsi pada Juni 2023 lalu dan akan diwisuda pada Sabtu, 09 September 2023 besok.

Lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2019 ini menggarap judul skripsi yang terbilang menarik, “Teologi Hewan Laba-Laba dalam Tafsir QS. Al-‘Ankabut Ayat 41-44 (Kajian Tafsir Lisan M. Quraish Shihab)”. Dengan cermat ia sukses mempersentasikannnya di hadapan dosen penguji hingga ia resmi meraih gelar sarjana pada bidang ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

“Sejak awal kuliah sempat ditanya oleh salah satu dosen, dari lulusan mana? Saya bilang MA Unggulan Nuris. Beliau langsung menyatakan bahwa saya pasti pandai baca kitab kuning. Meski sempat merasa kurang percaya diri, tetapi ini saya jadikan motivasi agar saya lebih semangat belajar dan berkeinginan menjadi seorang dosen.” Tutur Firda, sapaan akrabnya.

(baca juga: Lanjut Pascasarjana di Kampus yang Sama Usai Tuntaskan Kuliah di UIN Maliki Malang)

Gadis kelahiran Jember, 10 Mei 2000 ini menjalani kuliah di UIN KH. Achmad Siddik Jember dengan nyaris tanpa kendala meski ia juga harus menjalaninya sambil nyantri untuk mendalami hafalan al-Qur’an dan kitab kuningnya. Justru, hal ini membuatnya semangat dalam meraih impiannya menjadi seorang dosen kelak.

Bak gayung bersambut, setamat dari kampus, pemudi asal Wuluhan, Jember ini mendapat kesempatan sebagai pembina santri tahfizul Qur’an dan guru shorof di MA Unggulan Nuris. Bahkan, ia dapat kembali menjadi bagian almamater tercintanya sebelum ia diwisuda. Ia berharap ini menjadi pengalaman mengajar sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sampai tulisan profil ini ditulis, Firda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti prosesi wisuda yang akan dilaksanakan besok Sabtu, 09 September 2023. Ia belum puas dengan ilmu yang didapatkan dan ingin terus meningkatkan kompetensi diri dengan melanjutkan pendidikannya. Sebab dengan cara tersebut, cita-cita menjadi seorang dosen dapat terwujud.[AF.Red]

Nama                    : Firda Silaturrohmah
Ttl                           : Jember, 10 Mei 2000
Alamat                 : Wuluhan, Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2019
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir
Karier                    : Guru Tahfizul Qur’an dan Shorof

Related Post