Dari Hobi Membaca, Sering Juara Kelas, Santri ini Kini Jadi Mahasiswa PBSI UNESA

Selama Nyantri Diamanahi sebagai Pengurus Pesantren dan Mengajar Kelas Diniyah

Pesantren Nuris – Siapa sangka buah ketekunan dan kekuatan doa benar-benar nyata. Seperti yang dialami oleh santri lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan PK (Program Keagamaan), tahun 2023 ini, Afifatur Riza Hilyatut Diyana. Kesuksesannya meraih impian kuliah di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Timur menarik untuk disimak.

Gadis cerdas kelahiran Sumenep, 11 Oktober 2004 ini memulai petualangan menimba ilmu di pesantren sejak masuk MTs Unggulan Nuris yang tamat tahun 2020 lalu. Kemudian ia melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di MA Unggulan Nuris dengan memilih jurusan PK.

Sempat bingung memilih jurusan perkuliahan antara jurusan pendidikan bahasa Arab (PBA) atau pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (PBSI) sebab ia dinyatakan lolos jalur prestasi di kampus berbeda pada jurusan-jurusan tersebut.

Riza, sapaan akrab santriwati ini dinyatakan lolos jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada Jurusan PBSI, dan juga lolos jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Peguruan Tinggi Islam Negeri) di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Jurusan PBA.

(baca juga: Lolos Jalur Prestasi, Alumni Nuris ini Kuliah Pendidikan Matematik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

“Setelah berdiskusi bersama orang tua dan kiai, akhirnya saya mantap ambil jurusan PBSI di UNESA. Padahal sebelumnya saya juga ingin sekali kuliah di PBA sebenarnya. Bismillah sudah, yang penting sudah meraih impian saya kuliah di Jawa Timur di kampus yang bagus.” Tutur Riza.

Bagi gadis yang punya hobi membaca buku ini, kuliah pada jurusan PBSI menjadikannya lebih punya kepedulian terhadap kemajuan bahasa negara sekaligus bahasa nasional tersebut. Semenjak menginjakkan kakinya di kampus, bertemu dengan teman-teman, dan para dosen, ia tergerak ingin terus belajar hingga ke jenjang doktoral.

Bahkan, pemudi beralamat di Jalan Raya Gapura Paberasan, Sumenep, Madura, Jawa Timur ini mulai menancapkan impiannya di masa depan untuk menjadi seorang dosen. Ia ingin benar-benar fokus dalam menuntut ilmu. Pengalaman selama berada di pesantren sebagai pengurus dan pengajar kelas diniyah membuatnya tak keder saat berhadapan dengan berbagai elemen kampus.

Ia berharap setiap perjalanan kuliah dapat berjalan lancar. Selain itu, ia juga menantikan adik-adik di Nuris juga banyak yang masuk kuliah di UNESA agar terbentuk banyak kekeluargaan alumni dalam menimba di kampus negeri terbaik tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Afifatur Riza Hilyatut Diyana
Ttl                           : Sumenep, 11 Oktober 2004
Alamat                 : di Jalan Raya Gapura Paberasan, Sumenep, Madura, Jawa Timur
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah                   : UNESA, Jurusan PBSI

Related Post