Dari Cita-Cita Jadi Nutrisionis, Santri ini Kuliah Prodi Gizi di UIN Sunan Ampel Surabaya

Isu Stunting yang Merebak Melanda Bangsa, Ingin Jadi Bagian Pencegahan di Masyarakat secara Profesional

 Pesantren Nuris – Stunting menjadi masalah besar bangsa Indonesia yang belum terpecahkan meski di era digital sudah banyak informasi terkait hal ini. Justru ini yang mengerakkan hati lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2023 ini untuk banyak belajar terkait gizi dan nutrisi. Ia pun dengan mantap untuk kuliah di Kota Pahlawan Surabaya.

Nama lengkap gadis multitalenta ini bernama Nurul Maghfiroh. Selain dikenal cerdas sebagai anggota MSains Fisika, ia juga dikenal sebagai reporter dan kreator MA Unggulan Nuris. Tak ayal, banyak karyanya dipublikasi di berbagai kanal Youtube Mayouries (MA Unggulan Nuris). Ia pun tercatat sebagai anggota aktif broadcasting Nuris Jember.

Meski bakatnya cukup variatif, keinginannya terjun dalam dunia kesehatan tetap membara dalam dadanya. Sempat ingin menjadi ahli bedah, tetapi tidak mendapat restu kedua orang tua akhirnya ia memilih kuliah di Program Studi Gizi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

(baca juga: Hafiz dan Berprestasi, Kini dalami Jurusan Hubungan Internasional di UIN Sunan Ampel Surabaya)

“Karena saya memang suka dengan dunia kesehhatan, kalau kedokteran tidak mendapaat restu maka saya ganti yang lain, gizi ini juga pilihan saya. Bukan hanya itu karena jurusan gizi memiliki prospek kerja yang cukup luas, bukan hanya ahli gizi tapi juga bisa di bidanh industri pangan. Hal ini sesuai dengan jurusan kuliah yang saya ambil di opsi pertama dulu saat pendaftaran snbt.” Tutur Firoh, sapaan akrabnya.

Menjadi mahasiswa di kampus negeri ternama di Surabaya telah diraih, ia pun mulai beradaptasi dengan atmosfer kampus yang cukup berbeda saat masih di pesantren. Sempat merasa grogi saat bergaul, perlahan akhirnya ia bisa berbaur dan menemukan banyak sahabat dan kelompok ospek yang menyenangkan.

Perempuan kelahiran Lumajang, 19 Mei 2004 ini bersama tim kelompok ospeknya bahkan didaulat sebagai kelompok terkaktif karena kekompakan dan paling seru. Ia juga tak canggung diminta untuk menyumbangkan pembacaan sebuah puisi yang menghibur para dosen yang mengisi materi pbak.

“Saya ingin bermanfaat pastinya bagi sekitar jadi apapun profesi tetap saya ke depannya baik itu nutrisionis si rumah sakit ,tim riset atau bahkan industri pangan. Saya ingin membuat sebuah karya tulisan tentang gizi dan bisa membantu mengubah pola pikir masyarakat tentang pentingnya menjaga gizi seimbang dan hidup sehat baik itu tulisan di media cetak atau bahkan lainnya.” Imbuh gadis asal Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Nurul Maghfiroh
Ttl                           : Lumajang, 19 Mei 2004
Alamat                 : Sumberwuluh,Candipuro Lumajang
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : UIN Sunan Ampel Surabaya, Prodi Gizi

 

Related Post