Ketekunan dan Mimpi yang Besar jadi Kunci Sukses Alumni Nuris ini Gapai Impian Kuliah di Mesir

Sebelum Resmi jadi Mahasiswa Universitas Al Azhar, Ia Belajar di Ma’had Al Bu’ust Mesir

Pesantren Nuris – Nyatanya menggapai impian kuliah di salah satu kampus tertua di dunia di negeri Piramida itu tak mudah. Butuh ketekunan dan mimpi yang besar agar terus termotivasi dalam berikhtiar menggapainya, seperti yang telah dilakoni lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan Program Keagamaan (PK), tahun 2020 ini.

Mohammad Mu’tashim Billah butuh banyak waktu belajar intensif untuk mempersiapkan diri agar bisa menjadi bagian dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Setamat dari MA Unggulan Nuris kurang lebih tiga tahun silam, ia harus mengikuti pembalajaran intensif di Ma’had Al Bu’ust demi mempersiapkan diri ke jenjang sarjana tersebut.

“Sebenarnya belajar di Ma’had Al Bu’ust tak jauh berbeda dengan di pesantren pada umumnya. Hanya saja saya harus benar-benar lebih banyak belajar lagi sebelumnya agar nanti saat masuk kampus Al Azhar sudah sangat lancar. Alhamdulillah impia itu sudah tercapai.” Ungkap Mu’tashim, sapaan akrabnya.

(baca juga: Lolos Kuliah Jalur Prestasi, Santri Multitalenta ini Sukses Berbisnis dan Diamanahi Ketua Media Pesantren)

Pemuda asal Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember ini tercatat sebagai mahasiswa Ushuludin Universitas Al Azhar Mesir per bulan Oktober 2023 ini. Ia termotivasi menjadi tenaga pengajar yang mampu mentransfer pengalaman dan wawasan kepada santri di masa depan. Bahkan, kelak ia ingin mengabdi di almamater tercinta, Pesantren Nuris Jember.

Ia juga menuturkan, kuliah di kampus favorit seperti Al Azhar ternyata tak semahal yang ia bayangkan. Biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh santri cerdas kelahiran Jember, 19 Januari 2002 hanya berupa daftar ulang setara 300 ribuan saja pertahun tanpa ada tambahan biaya lagi. Bahkan biaya hidup selama studi di sana juga terbilang hemat meski berada di jantung kota.

“Kelak saya ingin menjadi tenaga pengajar dan kembali ke pesantren yang telah banyak memberikan saya ilmu dan pengalaman hingga kini. Saya berharap dapat menjalani kuliah dengan lancar dan mendapat ilmu yang berkah dan bermanfaat.” Ungkapnya.[AF.Red]

Nama                    : Mohammad Mu’tashim Billah
Ttl                           : Jember, 19 Januari 2002
Alamat                 : Desa Harjomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, tahun 2017; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2020
Kuliah                   : Universitas Al Azhar Mesir, Jurusan Ushuludin

 

 

Related Post