Kuliah di UIN Suka Yogyakarta dengan Beasiswa PBSB, Santri Nuris Kelahiran Mekah ini Seorang Hafiz

Bersyukur Kuliah dengan Beasiswa, Dapatkan Pelatihan Kepemimpinan dan Siap Lakukan yang Terbaik

Pesantren Nuris – Kesempatan kuliah dengan beasiswa penuh dan bergengsi seperti PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi), tak dilewatkan begitu saja oleh santri Nuris kelahiran Mekah, Arab Saudi ini. Ia benar-benar memanfaatkannya untuk menempa diri di kampus impiannya di UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta dan kelak mengabdi bagi umat.

Dani, sebuah nama yang barangkali sederhana, tetapi baginya ini mengesankan sebab akan mudah diingat oleh siapa pun. Nyantri di Pesantren Nuris Jember sejak di SMP Nuris Jember lulus tahun 2020, ia melanjutkan di MA Unggulan Nuris pada Jurusan Program Keagamaan (PK) tahun 2023 ini.

Sebagai santri yang mengikuti kelas takhassus tahfizul Qur’an, ia pun genap menghafalkan hataman Alqur’an 30 juz di sana. Tak heran, saat mengikuti seleksi PBSB, kompetensi yang ia miliki membuatnya melenggang mulus sebagai penerima beasiswa PBSB 2023 di kampus tujuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada Jurusan Ilmu Hadis.

(baca juga: Santri Bertalenta dan Berprestasi Nasional ini Rajut Impian Kuliah di Universitas Udayana Bali)

Menurut lelaki kelahiran Mekah, 04 Desember 2004 ini, “Alasan saya mengapa memilih Yogyakarta karena bangunan-bangunan sejarah masih berdiri meskipun ada bangunan tinggi yang lebih bagus, tapi Yogyakarta tidak melupakan sejarah. Ini menarik. Alasan saya kuliah di Prodi Ilmu Hadis adalah saya ingin memahami dan mendalami konteks konteks Hadis.”

Ia juga menuturkan, “Selama masih banyak kesempatan pembiayaan kuliah, kita harus selalu bisa memanfaatkannya untuk hal yang baik seperti mencari ilmu ini. Saya bersyukur menjadi bagian dari PBSB 2023 ini. Sekarang selain kuliah juga berada di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hadi, Yang beralamat Krapyak Wetan, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul.”

Pemuda yang beralamat di Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember ini juga berharap bisa menjalani kuliah dengan tepat waktu. Ia kelak ingin terus menimba ilmu setinggi-tingginya bahkan pascasarjana sekali pun. Saat ini ia juga terus mengasah kompetensi dalam membaca kitab kuning, public speaking, dan kepemimpinan.[AF.Red]

Nama                    : Dani
Ttl                           : Mekah, 04 Desember 2004
Alamat                 : Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember
Lembaga              : SMP Nuris Jember, tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah                   : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jurusan Ilmu Hadis

 

 

Related Post