Luar Biasa, 5 Pelajar MA Unggulan Nuris Sukses Raih Piala MQK Pemkab Jember Tahun 2023

Program Unggulan Kitab Kuning MA Unggulan Nuris Cetak Generasi Pejuang Aswaja nan Berprestasi

Pesantren Nuris – Bulan Oktober 2023 yang bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) terasa sangat mengesankan bagi segenap santri Pesantren Nuris Jember, khususnya bagi siswa yang belajar di MA Unggulan Nuris. Pasalnya, mereka menjadikan momentum tersebut untuk memberikan prestasi yang sangat membanggakan.

Prestasi yang ditorehkan oleh siswa MA Unggulan Nuris adalah sebagai peraih juara dalam ajang MQK (Musabaqoh Qiroatil Kutub) tingkat Kabupaten Jember yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember pada 14—15 Oktober 2023. Tak tanggun-tanggung, total 5 piala yang mereka persembahkan. Berikut adalah daftar juara yang didapatkan:

Kategori Kitab Muhtasor Jiddan Putri
Fathin Nafisa Aulia Rahma  (Kelas X PK A) juara 3

Kategori Kitab Muhtasor Jiddan Putra
Muhammad Fathur Rahman (Kelas X PK A) juara harapan 2

Kategori Presentasi Aswaja Putra
Moch. Handika Sutiyono (Kelas XII PK 1) juara 2

Kategori Presentasi Aswaja Putri
Maulani Nur Zahrotul Jannah (XII PK 1) juara 2
Iftitah Dian Humairoh (XII PK 1) juara harapan 2

(baca juga: Prestasi Keren, Siswa MA Unggulan Nuris Juara 3 Taqdimul Qishoh di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Capaian prestasi ini turut menambah koleksi piala di kantor MA Unggulan Nuris sekaligus melanjutkan tradisi prestasi di ajang bergengsi MQK Pemkab Jember tersebut. Dari empat kategori kitab, lima piala mampu diraih oleh siswa MA Unggulan Nuris.

“Ya, alhamdulillah senang dan bangga bisa juara 2. Semoga membawa keberkahan dan semangat belajar lebih baik lagi. Banyak waktu yang telah kami persiapkan bersama para ustaz dan teman-teman lainnya juga untuk tampil dalam lomba ini. Alhamdulillah hadiahnya prestasi.” Tutur Moch. Handika Sutiyono.

Melalui program unggulan kitab kuning di MA Unggulan Nuris, siswa dibimbing secara intensif sebagai kader pejuang aswaja yang militan. Mereka dikader sebagai calon ulama pembimbing umat di masa depan. Tak hanya sekadar sarat ilmu, mereka juga kerap berprestasi seperti dalam ajang MQK ini.

Ning Balqis Al Humairo, selaku Kepala MA Unggulan Nuris menyatakan, “Kami bangga dan senang anak didik kami bisa memanfaatkan kesempatan belajar yang ada di lembaga kami dan turut semangat meraih prestasi. Saya berharap mereka tetap istikamah dalam mengaji dan terus mendalami ilmu dengan harapan mampu bermanfaat di masa depan.”[AF.Red]

Related Post