Magang di Edufarmers Foundation Cianjur Jawa Barat, Alumni SMA Nuris Jember Kantongi Banyak Pengalaman Berharga

Ikuti Program Magang Di Jawa Barat, Alumni Ini Juga Bebas Biaya Hidup

Pesantren Nuris-  Kuliah jurusan proteksi tanaman, alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2021 jalani tugas magang di Perusahaan besar yag bergerak di bidang pertanian di Cianjur Jawa Barat, wah keren khan? Yuk Simak kisah lengkapnya!

Ia adalah Deli Annisa Virca, gadis manis yag akrab dipanggil Deli ini merupakan mahasiswa jurusan proteksi tanaman, fakultas pertanian, Universitas Jember. Saat ini ia sedang menjalani tugas magangnya selama lima bulan di salah satu perusahan besar yang bergerak di bidang pertanian, yakni Yayasan EduFarmers Foundation di Cianjur Jawa Barat.

“Magangnya di yayasan EduFarmers Foundation, perusahaan ini mitra sama japfa. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa jadi saya mendampingi petani buat bertani sesuai SOP. Jadi kalo perannya itu nyebutnya FDA Farmers Development Associate. Magangnya selama 5 bulan,  berakhir di bulan Desember,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa awal mula ia mengikuti program MBKM yang biayai oleh pemerintah, dan juga mendapat biaya hidup perbulannya.

“Alhamdulillah ini ceritanya ikut program MBKM dari pemerintah jadi dibiayai dari perjalanan pulang pergi, perbulannya juga dapet biaya hidup 2.8jt tapi berhubung saya KIPK dipotong sesuai biaya bulanannya 800rb. Jadi per-bulan saya dapat biaya bulanan 2jt. Di dalam program MBKM ini ada anakannya namanya MSIB (magang studi independen bersertifikat) saya daftar itu, tahap seleksinya cukup panjang. Di awal ngumpulkan berkas-berkas, mulai dari data pribadi, hasil studi, sampe sertifikat organisasi dan prestasi. Setelah lolos tahap seleksi berkas dapat pengumuman di email, saya lanjut tes kebhinekaan sama psikotes. Setelah itu saya daftar di beberapa tempat. Setiap mahasiswa diperkenankan daftar di 22 lokasi. Kebetulan untuk posisi yang relevan sama jurusan saya ngga begitu banyak. Proteksi Tanaman itu.. jadi saya daftar di 3 tempat. Tempat pertama di Kalimantan, tapi setelah kirim berkas nggak ada kelanjutan, tempat kedua lolos sampai wawancara online aja di Surabaya lokasinya, tempat ketiga ini di Cianjur Alhamdulillah lolos dari berkas, wawancara, sampe ada FGD juga. Setelah pengumuman, dimulai tahap awal kegiatan tapi masih secara online sambil zoom buat persiapannya. Saya berangkat ke Cianjur tanggal 28 Agustus tiketnya dibelikan sama Kemendikbud akhirnya disini deh mulai magang,” ceritanya.

(Baca juga: Resmi Raih Gelar S.T, Alumni SMA Nuris Jember Ini Selesaikan Pendidikan Tepat Waktu)

Dari Jember, hanya tiga orang yang berhasil diterima magang di Cianjur, itupun penempatannya berbeda-beda wilayah. Deli mengaku banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang ia dapat dari program ini.

“Lebih ke membuka pikiran ternyata dunia pertanian ngga sesempit yang saya lihat selama ini. Terutama di daerah yang saya tempati sekarang mayoritas penduduknya petani hortikultura karena memang di lereng gunung gede lokasinya. Dari bupatinya juga sangat mendukung masyarakat tani di sini. Jadi saya punya sudut pandang baru tentang kehidupan pertanian yang katanya tidak sejahtera tapi kalo semua “aspek lingkungan mendukung” juga bisa sejahtera. Kebetulan juga program magang ini gabungan dari seluruh universitas di Indonesia jadi saya bisa menambah jangkauan relasi lebih lebar, ketemu sama temen² dari berbagai daerah. Saling belajar budaya satu sama lain, juga sharing gimana kehidupan pertanian di daerah mereka. Secara ngga langsung walau saya nggak pergi ke padang tapi rutinitas dan kebiasaan petani padang saya bisa belajar. Banyak hal yang sepertinya boleh dicoba diterapkan di Jember mengadopsi kultur daerah lain,” ungkapnya.

(Baca juga: Luar Biasa, Alumni SMA Nuris Jember Jadi Duta Kampus UIN Maliki Malang)

Ia juga berharap kedepannya pertanian di Indonesia bisa berjalan baik, dan para petaninya juga bisa hidup sejahtera.  “Harapannya semoga pertanian Indonesia bisa berjalan adil dan semakin sejahtera, terutama bagi petaninya sebagai pelaku utama sektor pertanian. Kemudian harapan untuk pertanian di Jember semoga bisa semakin maju, saling bersinergi karena untuk mendorong sektor pertanian maju ngga cukup satu pihak untuk menggerakkan, butuh kerjasama antar seluruh pemangku pertanian. Termasuk banyaknya lahan yang beralih fungsi jadi perumahan” tuturnya. Sukses selalu ya Deli, semoga lancara magangnya dan pendidikannya, amin. [Red.Dev]

Nama: Deli Annisa Virca
Alamat: Kebonsari, Sumbersari
Tempat, tanggal lahir: Jember, 27 Juli 2002
Lembaga: SMP Nuris Jember (2018), dan SMA Nuris Jember (2021)
Kuliah: Universitas Jember, Fakultas Pertanian, Jurusan Proteksi Tanaman

Deli Ketika di Lokasi Magang

Related Post