Jawara Debat Bahasa Inggris sejak Nyantri, Kini Sabet Gelar Sarjana Hukum di Yogyakarta

Bisa Buktikan Lulus Tepat Waktu dan Cum Laude meski Sibuk dengan Kegiatan Organisasi

Pesantren Nuris – Dapat membuktikan diri menuntaskan studi sarjana dengan capaian akademik membanggakan meski sempat sibuk dengan berbagai organisasi adalah komitmen santriwati lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2019 ini. Ia pun kini mulai menyusun rencana ke depan agar dapat mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang didapatkannya.

Ferly Datul Jannah, dikenal sebagai pelajar yang mempunyai kompetensi unggul dalam berbicara dengan bahasa Inggris. Ia pun kerap menorehkan prestasi gemilang saat belajar di MA Unggulan Nuris sebagai salah satu debater terbaik. Dari situ, ia mulai muncul motivasi untuk kuliah ilmu hukum di UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta.

“Termotivasi masuk Fakultas Hukum UIN Suka Yogyakarta karena ketika di Nuris mengikuti Public Speaking dan banyak mengikuti lomba debat bahasa Inggris. Jadi, termotivasi untuk mempelajari tentang hukum di Indonesia. Tutur gadis asal Tamberu, Batumarmar, Pamekasan, Madura ini.

(baca juga: Dapat Motivasi dari Najwa Shihab, Semakin Semangat Kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Ketika awal memasuki perkuliahan, sempat terpikir soal target nilai akademik yang cukup tinggi. Namun, ia mulai realistis dengan kenyataan bahwa ilmu dan pengalaman yang besar tak hanya didapat dari dunia kelas kampus saja, tetapi juga butuh belajar di luar kampus dengan mengikuti kegiatan organisasi.

Gadis kelahiran Pamekasan, 28 janurai 2001 ini juga pernah mendapatkan cap under estimate soal pilihan kesibukannya di kegiatan organisasi. Justru, hal ini dijadikan motivasi yang besar agar dapat menjalani perkuliahan dengan tertib sekaligus totalitas dalam organisasi baik intrakampus maupun ekstrakampus.

Ini dibuktikan usai ia menuntaskan skripsi berjudul “Pengangkatan dan Kewenangan Penjabat Kepala Desa dalam Menjalankan Pemerintahan Desa Tamberu Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan 2022” pada 25 Juli 2023 lalu. Tak tanggung-tanggung, ia mampu lulus membanggakan dengan capaian IPK 3.82.

Seraya menunggu jadwal wisuda, kini Ferly, sapaan akrab gadis cerdas ini ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana. Ia berharap untuk perkuliahan kali kedua ini tak ingin merepotkan kedua orang tuanya lagi. Berbagai upaya telah dipersiapkan sebaik mungkin agar tercapai dengan beasiswa. Semoga terwujud. Amin.[AF.Red]

Nama                    : Ferly Datul Jannah
Ttl                           : Pamekasan, 28 Januari 2001
Alamat                 : Tamberu, Batumarmar, Pamekasan, Madura
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2019
Kuliah                   : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jurusan Ilmu Hukum

Related Post