Kumpulan Puisi “Ajian Sakti Candrabirawa” Sajak-sajak Tentang Kehidupan

Judul buku                : Ajian Sakti Candrabirawa
Penulis                      : Kayla Athaya, dkk.
Penerbit                    : Jagat Litera
Tahun Terbit            : Cetakan pertama, Maret 2023
Jumlah Halaman     : 93 hal
QRBN                         : 62-896-9017-905
Peresensi                  :
Putri Utami Octaviya, S.Pd

Sinopsis

Antologi Puisi “Ajian Sakti Candabirawa” adalah kumpulan puisi yang oleh siswa-siswa SMA Nuris Jember. Buku antologi ini memuat sekitar 45 puisi, dengan mengusung tema yang beragam. Mulai dari kisah mereka di pesantren, tentang perbedaan ideologi di Indonesia, meneladani kisah sahabat nabi, serta berbagai imajinasi kehidupan di masa yang akan datang pun tersaji dengan indah dalam antologi puisi ini. Menghasilkan karya-karya puisi yang digores dengan indah untuk dinikmati oleh para pembaca.

Antologi ini berisi bagaimana bentuk aspirasi dan pengalaman para siswa selama berada di dalam bangku sekolah SMA. Seperti salah satu karya yang ditulis oleh Ryan Eka putra dengan judul “Berbincang di Antara Nirwana”. Dari karya ini Ryan dapat menggambarkan seseorang yang sedang berdoa kepada sang pencipta sebagai bentuk penyesalan dan berharap mendapat sebuah kebaikan di masa yang akan datang.

Selain puisi di atas, masih ada banyak lagi puisi yang menarik untuk dibaca. Di tulis oleh para santri Nuris dengan penuh penghayatan. Berbagai makna yang tersirat terkandung di dalam setiap sajak-sajak antologi puisi ini.

Dengan antologi puisi ini, siswa-siswi SMA Nuris yang sekaligus santri dapat menyampaikan ungkapan hati dengan sangat baik, tepat sasaran, dan penuh dedikasi yang dapat dilihat dari beragam isu yang mereka angkat. Hal ini juga menunjukkan kehidupan pesantren tidak lantas membuat mereka terisolasi dari kehidupan dunia luar.

(Baca juga: Segenggam Purnama dalam Kantong Kecilku, Antalogi Cerpen Sarat Makna Tentang Perjuangan Santriwati)

Kelebihan:

Tema yang diangkat beragam sehingga tidak membuat bosan para pembaca. Penyampaian makna yang tersirat dari setiap puisi mampu membawa perbedaan sudut pandang dari setiap pembaca

Kelemahan:

Selain menjadi kelebihan, tema beragam juga menjadi kelemahan karena pada umumnya antologi yang disajikan memuat tema yang seragam sehingga mudah untuk mendeteksi jenis antologinya. Beberapa puisi terdapat kesalahan ketik yang membuat ambigu para pembaca

Peresensi merupakan guru Bahasa Indonesia SMP Nuris Jember

Related Post