Belajar di Ma’had Aly Nuris Jember, Keseruan Mengabdi dan Serap Pengalaman Kehidupan yang Nyata

Diamanahi Kepengurusan Diniyah di Pesantren, Suka Cita Belajar dan Termotivasi Ulama Nusantara

Pesantren Nuris – Mengabdi seraya kuliah di Pesantren Nuris Jember membawa kenikmatan tersendiri bagi alumni Nuris yang satu ini. Tokoh ulama nusantara sekaliber Gus Baha atau sang murobbi KH. Muhyiddin Abdusshomad, menjadi sosok inspirasi lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023 ini belajar Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember.

Moch. Fikri Ainul Yakin, sosok santri  bersahaja ini merasa terdapat kenikmatan tersendiri saat belajar ilmu agama bersama para pakar dan praktisi di kampus salaf, Ma’had Aly Nuris Jember tersebut. Meski nyantri di Pesantren Nuris Jember sejak MTs Unggulan Nuris (lulus tahun 2020) hingga kini, ia tak bosan-bosan mengais ilmu dari sang murobbi dan muallim lainnya.

“Ya, memang benar saya termotivasi pada sosok yang sangat luar biasa yaitu KH. Muhyiddin Abdusshomad dan Gus Baha’. Beliau-beliau ini bisa menjadi pencerah umat meski tidak selalu belajar secara formal. Semua itu bergantung pada cara kita belajar dan memanfaatkannya dalam mengharap berkah.” Tutur Ustaz Fikri, sapaan akrabnya.

(baca juga: 15 Mahasantri Ma’had Aly Nuris Jember Peraih Beasiswa LPPD Jatim Ikuti Kuliah Umum Bersama Gubernur)

Bagi lelaki kelahiran Jember, 26 Maret 2005 ini, di Pesantren Nuris Jember ia banyak belajar baik secara spiritual maupun intelektual. Bahkan, ia mengatakan bahwa di pesantren ia banyak mendapat pelajaran kehidupan yang nyata yang nantinya akan bermanfaat di kehidupan bermasyarakat.

“Di pondok saya juga jadi pengurus bagian kesiswaan diniyah dan kemanan pesantren. Di sini saya belajar mengemban amanah, dan mengatur waktu belajar serta melayani santri di pondok. Meski begitu, saya ingat pesan para guru bahwa dalam belajar di mana pun berada yang terpenting adalah kontrol diri sebab hal positif dan negatif selalu menggoda kita.” Imbuhnya.

“Ke depan saya berharap bisa mengikuti jejak para ulama, belajar tanpa henti, saya juga ingin bisa belajar lagi ke Ma’had Aly Lirboyo atau di Sukorejo setelah dari Nuris nantinya. Semoga diberi kemudahan dan selalu mendapat keberkahan ilmu dan pengabdian.” Tutup pemuda asal Jl. Batu Raden V/59 Jember.[AF.Red]

Nama                    : Moch Fikri Ainul Yakin
Ttl                           : Jember, 26 Maret 2005
Alamat                 : Jl. Batu Raden V/59 Jember
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, Tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah                   : Ma’had Aly Nuris Jember, Prodi Akidah dan Filsafat Islam

 

Related Post