Berprestasi Sedari Nyantri, Kini Dalami Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris Jember

Semangat Berkhidmah, Jaga Hasrat Belajar hingga Tingkat Pascasarjana

Pesantren Nuris – Mendalami kitab kuning dan bahasa Arab sejak berada di bangku MTs Unggulan Nuris, setamatnya pada tahun 2020 ia langsung melanjutkan ke MA Unggulan Nuris pada Jurusan Program Keagamaan (PK) hingga lulus tahun 2023 lalu. Tak puas dari situ, ia kembali melanjutkan petualangan nyantrinya di Ma’had Aly Nuris Jember hingga kini.

Mohammad Ijlal Dzulqurnain, nama lengkap santri cerdas asal Ajung, Jember ini menyatakan semangatnya mendalami akidah dan filsafat Islam di kampus yang kini menaunginya. Ia sengaja tak berupaya kuliah di kampus kebanyakan di luar pesantren sebab menurutnya banyak hal yang harus ia dalami bersama para muallim atau dosen di Ma’had Aly Nuris Jember tersebut.

(baca juga: Yuk, Kepoin Profil Ketum Iksan Masa Bakti 2023/2024, Santri Cerdas Mahasiswa UIN Syahid Jakarta)

“Sebenarnya ya ingin mendalami Islam saja ala pesantren. Meski sudah mondok sejak di MTs, kayaknya masih banyak hal yang belum saya kuasai. Kelak agar benar-benar mampu memanfaatkannya di masyarakat.” Tutur Ijlal, santri berprestasi kategori Presentasi Aswaja ini.

Selain kesibukan menimba ilmu di kampus yang didirikan oleh Syaikhul Ma’had Nuris Jember, ia juga diamanahi sebagai anggota divisi ubudiyah. Baginya, amanah ini dijadikan sebagai pembelajaran kepemimpinan yang nyata. Ini menjadi bagian suka citanya selama berkhidmah dengan penuh semangat.

Pemuda kelahiran Jember, 08 April 2004 ini juga tetap optimis setelah menamatkan studi sarjana di Ma’had Aly Nuris Jember, ia berkeinginan dapat melanjutkan studi pascasarjana. Baginya, nanti akan ada waktu tersendiri kapan harus keluar pesantren untuk menimba ilmu dan pengalaman lebih luas. Saat ini, ia betul-betul menikmati kuliah seraya berkhidmah di pesantren Nuris tercinta.[AF.Red]

Nama                    : Mohammad Ijlal Dzulqurnain
Ttl                           : Jember, 08 April 2004
Alamat                 : Ajung, Jember
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2023
Kuliah                 : Ma’had Aly Nuris Jember, Prodi Akidah dan Filsafat Islam 

   

Related Post