Dalami Akidah Aswaja di Ma’had Aly Nuris Jember, Kelak Ingin Lanjut Pascasarjana di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Termotivasi dari Berbagai Kisah Keilmuan Gus Wahab, Tertarik Belajar dan Mendalami Kitab Kuning

Pesantren Nuris – Banyak belajar kitab kuning dan balaghah di Pesantren Nuris Jember sejak MTs hingga MA Unggulan Nuris, kini berlanjut mendalami akidah ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) di Kampus Ma’had Aly Nuris Jember. Dapat bertemu dengan para dosen yang pakar soal akidah menjadi semangatnya mendalami dan mengaji kitab kuning.

Sejak lulus dari MTs Unggulan Nuris tahun  2020 lalu, Ahmad Nailur Ridho meneruskan belajar kitab kuning di MA Unggulan Nuris, Jurusan Program Keagamaan (PK) hingga lulus tahun 2023. Ketertarikannya untuk mendalami akidah Aswaja membuatnya tak bergeming dari pesantren dengan melanjutkan studi setara sarjana di Kampus Salaf, Ma’had Aly Nuris Jember.

“Saya memang ingin mendalami Program Studi Akidah dan Filsafat Islam di Ma’had Aly Nuris makanya saya kuliah di sini. Kelak tentunya ingin dapat bermanfaat bagi masyarakat sebab kajian ini sangat lekat dan dekat dengan mereka.” tutur Ridho, sapaan akrabnya.

Lelaki cerdas kelahiran Jember, 19 Februari 2005 ini juga tertarik dengan kehadiran para dosen atau disebut juga dengan muallim di Kampus Ma’had Aly Nuris Jember yang pakar di bidang akidah. Bahkan, terbesit dalam benaknya, ia ingin menjadi penerus para ulama dan para dosen di kampusnya dalam menegakkan ajaran yang dicontohkan Rasulullah SAW tersebut.

(baca juga: Kunjungan Rihlah Ilmiah oleh Syekh Muhammad Salim Abu Ashi di Pesantren Nuris Jember)

Meski di asrama pesantren, pemuda asal Jl. Diponegoro No 32 Glagahwero Kalisat Jember ini diamanahi Divisi Perizinan dan Staf Administrasi Diniyah, semangatnya dalam menimba ilmu tetap tak kenal lelah. Baginya, dapat mengayomi para santri di asrama menjadi suatu pengalaman berkesan tersendiri.

“Sebenarnya ada tantangan tersendiri saat menjalani perkuliahan dan pengabdian di pesantren. Jika saya mampu memastikan tugas dan tanggung jawab saya tuntas, ada kepuasan tersendiri bahkan sebaliknya. Saya berharap mendapat keberkahan atas segala yang saya jalani ini.” imbuhnya.

“Harapan saya kuliah di Ma’had Aly tentunya adalah mendapatkan hasil yang memuaskan dan ilmu yang bermanfaat pastinya. Rencana saya setelah selesai dari Ma’had Aly adalah melanjutkan kuliah S-2 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Ujar pemuda yang kelak ingin menjadi seorang dosen ini.[AF.Red]

Nama                    : Ahmad Nailur Ridho
Ttl                           : Jember, 19 Februari 2005
Alamar                 : Jl. Diponegoro No 32 Glagahwero Kalisat Jember
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, Tahun 2020; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, Tahun 2023
Kuliah                   : Ma’had Aly Nuris Jember, Prodi Akudah dan Filsafat Islam

Related Post