Kunjungan Rihlah Ilmiah oleh Syekh Muhammad Salim Abu Ashi di Pesantren Nuris Jember

Berikan Tausiyah Umum Tentang Pentingnya Belajar Ilmu Syariah hingga Kajian Kitab Asy’ariyun Ana

Pesantren Nuris – Menjadi suatu kehormatan yang tinggi bagi segenap keluarga besar Pesantren Nuris Jember atas kesediaan Syekh Muhammad Salim Abu Ashi dari Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir hadir mengisi kajian ilmu kepada segenap santri pada 06 dan 07 Agustus 2023 kemarin.

Kunjungan ulama besar dari Mesir dengan jabatan formal sebagai guru besar bidang Ilmu al Qur’an dan Tafsir ini merupakan salah satu bagian serangkaian agenda bertajuk Rihlah Ilmiah di Bumi Nusantara. Tampak antusias ratusan santri menyimak dengan saksama berbagai paparan ilmu dari beliau yang terselenggara di Masjid Baitun Nur tersebut.

Selain itu, mantan pejabat Dekan Pascasarjana Universitas Al Azhar Mesir masa bakti 2014 s.d 2017 tersebut juga memberikan kuliah umum tentang kitab yang dikarangnya, Asy’ariyun Ana kepada segenap mahasantri Mahad Aly Nuris Jember dan beberapa ustaz/ustazah.

(baca juga: Setelah Berdialog dengan Santri, Ulama Asal Lebanon ini Mencoba Moris Karya Siswa SMK Nuris Jember)

Salah satu mahasantri Mahad Aly Nuris Jember, Agus Subairi, menyatakan rasa suka citanya karena dapat belajar banyak hal dari Syekh Muhammad Salim tersebut. “Alhamdulillah senang sekali karena ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bisa belajar dengan guru besar Universitas Al Azhar Mesir, khususnya belajar kitab karangan beliau secara langsung.”

“Saya berharap agenda ini menjadi penyemangat para santri untuk terus bersemangat dalam meraih ilmu yang berkah dan bermanfaat. Meski kami kuliah di Jember, tetapi serasa kuliah di Mesir sebab bertemu dan berdiskusi secara langsung bersama beliau. Semoga di lain waktu dapat bertemu kembali dan mengaji lagi.” imbuhnya.[AF.Red]

dokumentasi kuliah umum oleh Syekh Muhammad Salim kepada para mahasantri Ma’had Aly Nuris Jember
Related Post