Kerap Tulis Karya Ilmiah Inovasi Lingkungan, Santri Berprestasi ini Kuliah Teknik Lingkungan di UNEJ

Kelak Ingin Lanjutkan Pascasarjana dan Mendedikasikan Ilmu Untuk Kemajuan Bangsa

Pesantren Nuris – Santri berprestasi ini cukup banyak di kenal oleh segenap keluarga besar Pesantren Nuris Jember. Pasalnya, berbagai torehan prestasi gemilang telah diraihnya sejak di bangku SMP Nuris Jember hingga semakin meningkat saat di SMA Nuris Jember. Kini pun ia berupaya menggapai impian sesuai kompetensi yang dimiliki usai lolos menjadi mahasiswa di Universitas Jember (UNEJ).

Alyaa Nur Karimah, gadis cerdas lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023 ini dengan mantap memilih Jurusan Teknik Lingkungan di UNEJ. Pengalaman selama nyantri yang sering bergelut dalam kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul Karya Tulis Ilmiah dan berfokus pada penelitian bioenergi dan isu lingkungan membuatnya yakin pada kuliah sarjananya kini.

“Berawal dari ketertarikan saya mengikuti ekstrakulikuler Karya Tulis Ilmiah yang dimana dalam pembuatan inovasi saya sering mengangkat ide terkait isu lingkungan. Hal itu sejalan dengan disiplin ilmu yang saya punya saat SMA. Selain itu, saya melihat dari prospek masa depan yang mana semua aspek membutuhkan analisis di bidang lingkungan untuk memperhatikan kehidupan berkelanjutan.” Ungkap Alyaa.

Pemudi kelahiran Jember, 05 Oktober 2004 ini memang telah banyak menuangkan gagasan ilmiahnya berupa artikel, esai, hingga karya tulis ilmiah yang dilombakan di berbagai kompetisi baik tingkat lokal hingga nasional. Dari sekian kompetisi, nyaris semuanya sukses membuahkan prestasi gemilang dan membanggakan.

(baca juga: Emilia Novita Sari Tekuni Desain Produk di ITS Surabaya dengan Beasiswa, Pacu Adrenalin Kreativitas Absolut)

Berbagai lomba karya tulis ilmiah yang pernah Alyaa taklukkan yakni, juara 1 LKTI di INSTIPER Yogyakarta, juara 2 esai di UNESA, juara harapan 2 di UNDHIKSA Bali, Juara 1 Esai di UGM Yogyakarta, hingga pernah meraih medali perunggu LKTI tingkat internasional di ajang ISTEC di Bandung sebagai tuan rumah.

Untuk menungjang pengalaman perkuliahannya, santri asal Jl Pattimura Kalisat, Jember ini juga tercatat aktif di kegiatan keorganisasian di kampus sebagai staff di bidang English Department UKM Einstein (UKM penalaran dan Bahasa Inggris Fakultas Teknik).

“Saya sangat menikmati perkuliahan yang kini saya jalani. Saya berharap semua dapat berjalan lancar bahkan kelak ingin dapat melanjutkan kuliah pascasarjana. Semoga ilmu yang saya dapatkan bermanfaat baik bagi karier saya, terutama dapat berdedikasi baik bagi kemajuan bangsa.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Alyaa Nur Karimah
Ttl                           : Jember, 05 Oktober 2004
Alamat                 : Jalan Pattimura, Kalisat, Jember
Lembaga              : SMP Nuris Jember, tahun 2020; SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Teknik Lingkungan

 

Related Post